Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tanaman Sayur yang Bisa Ditanam Dalam Ruangan Menggunakan Pot

Kompas.com - 29/11/2021, 13:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun sayuran dalam ruangan adalah tren yang terus berkembang. Namun menanam sayuran dalam pot di ruangan lebih dari sekadar tren singkat.

Hal ini mengingat kekhawatiran atas keamanan pangan, pemanasan global, dan kebutuhan untuk mengurangi jejak karbon yang terus meningkat membuat banyak konsumen mencari produk sayuran yang sehat dan alami. 

Baca juga: Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan untuk Pemula

Tak hanya itu, mempelajari cara menanam sayuran dalam ruangan bisa menciptakan sumber makanan sepanjang tahun, menghasilkan sayuran yang aman, ramah lingkungan, serta menghemat pengeluaran. 

Bila tertarik memulai kegiatan berkebun ini, berikut delapan tanaman sayur yang bisa ditanam dalam ruangan menggunakan pot dilansir dari Gardening Know How, Senin (29/11/2021).  

Baca juga: Catat, Dampak Pemberian Pupuk Urea Secara Berlebihan pada Tanaman  

Microgreens

Ilustrasi microgreensShutterstock Ilustrasi microgreens
Saat pertama kali mempelajari cara menanam sayuran dalam ruangan, pertimbangkan menanam microgreens.

Microgreens adalah salah satu tanaman yang paling mudah dibudidayakan dan hanya membutuhkan waktu dua sampai empat minggu untuk mencapai ukuran yang dapat dipanen.

Selain itu, microgreens membutuhkan empat hingga enam jam sinar matahari setiap harinya serta dapat ditanam menggunakan cahaya buatan. 

Baca juga: 3 Tips Menanam Tanaman Sayur di Kebun Kecil 

Kecambah

Siap dalam waktu sekitar dua minggu, kecambah adalah salah satu sayuran tercepat dalam ruangan yang bisa ditanam.

Beli benih yang khusus untuk kecambah karena banyak benih diberikan fungisida. Pastikan mengikuti panduan budidaya untuk menghindari kontaminasi oleh patogen penyebab penyakit. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Sayuran? Ini Penjelasannya

Selada hijau

Ilustrasi selada yang ditanam dengan sistem hidroponik.PEXELS/JATUPHON BURAPHON Ilustrasi selada yang ditanam dengan sistem hidroponik.
Selada hijau adalah salah satu sayuran dalam ruangan yang paling mudah ditanam. Pastikan tanaman memperoleh minimal enam jam sinar matahari per hari dan akan memanennya dalam waktu sekitar empat sampai delapan minggu. 

Lobak

Tanaman sayuran dalam ruangan lain yang cepat dan mudah ditanam adalah lobak, yakni sekitar tiga sampai lima minggu sudah bisa memanennya.

Gunakan pot dengan kedalaman setidaknya 15 sentimeter dan hindari pemupukan berlebihan untuk mendorong perkembangan akar yang tepat. 

Baca juga: Cara Membasmi Belatung dari Tanaman Sayuran

Wortel

Wortel ternyata juga bisa ditanam dalam pot di ruangan dan mudah dibudidayakan. Tanaman sayur wortel hanya membutuhkan sekitar enam jam sinar matahari per hari dan sedikit kesabaran.

Tergantung pada varietasnya, tunggu sekitar 65-80 hari untuk worterl dapat dipanen. Sebaiknya, tanam wortel dalam pot yang dalam. 

Baca juga: 9 Tanaman Sayuran yang Membutuhkan Sinar Matahari Langsung

Mentimun

Ilustrasi mentimun, menanam mentimun. PIXABAY/JULIA SCHWAB Ilustrasi mentimun, menanam mentimun.
Untuk memperbesar tingkat keberhasilan menanam sayuran dalam ruangan mengunakan pot, pilih varietas mentimun seperti 'Socrates' atau 'Tyria.'

Hibrida ini dikembangkan untuk budidaya rumah kaca dan terowongan tinggi. Mentimun tidak memerlukan penyerbuk serta tetap produktif dalam kondisi cahaya yang lebih rendah. 

Paprika

Meski bisa ditanam dalam ruangan menggunakan pot, paprika merupakan tanaman sayur yang lebih menantang, memiliki persyaratan cahaya dan kegelapan tertentu, serta harus diserbuki dengan tangan untuk menghasilkan buah. 

Baca juga: Ingin Memilih Pupuk untuk Tanaman Sayuran? Ini Panduannya

Tomat

Ilustrasi tanaman tomatUnsplash/Shalev Cohen Ilustrasi tanaman tomat
Menanam sayuran dalam ruangan menggunakan pot bisa menjadi rumit karena tanaman tomat membutuhkan delapan hingga 10 jam sinar matahari langsung setiap harinya serta penyerbukan tangan.

Varietas tomat seperti 'Micro Tom' dan 'Orange Hat' menghasilkan banyak buah pada tanaman mini setinggi 15-23 sentimeter sehingga bisa diletakkan di ambang jendela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com