Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Nyamuk Pakai Kayu Manis dan Cengkeh, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 29/08/2023, 13:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran nyamuk di rumah sering kali meresahkan. Gigitan nyamuk bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan memicu persebaran penyakit.

Namun demikian, ada solusi sederhana untuk mengusir nyamuk dan mencegah Anda sekeluarga terkena gigitan nyamuk. Paduan kayu manis dan cengkeh diyakini efektif mengusir nyamuk di rumah.

Dilansir House Digest, Selasa (29/8/2023), kayu manis dan cengkeh merupakan penangkal nyamuk yang mengganggu. Minyak cengkeh terbukti bisa mengusir nyamuk hingga empat jam.

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga Secara Alami, Apa Saja?

Ilustrasi nyamuk. Shutterstock/Kanurism Ilustrasi nyamuk.

Demikian pula minyak kayu manis yang tidak hanya dapat mengusir nyamuk dan mengusir serangga dewasa, tetapi juga dapat membunuh telur nyamuk. Ini sangat penting ketika nyamuk masuk ke rumah.

Anda dapat mencampurkan kedua bumbu dapur tersebut untuk perlindungan ekstra.

Cara mengusir nyamuk pakai kayu manis dan cengkeh

Anda tidak perlu membeli minyak esensial kayu manis dan cengkeh untuk mengusir nyamuk. Anda cukup menggunakan kayu manis dan cengkeh bubuk.

Pertama, tambahkan satu atau dua sendok makan bubuk kayu manis dan bubuk cengkeh ke dalam stoples bersama dengan sedikit alkohol. Tutup stoples dan diamkan campuran semalaman.

Baca juga: Apa Benar Tanaman Rosemary Bisa Mengusir Nyamuk? Ini Penjelasannya

Keesokan paginya, gunakan kertas filter kopi dan corong plastik untuk menyaring endapan. Tuang isi toples secara perlahan ke dalam wadah lain, tampung endapan di dalam saringan.

Ulangi jika masih ada sisa sedimen. Kemudian, tuangkan sisa cairan ke dalam botol semprot dan tambahkan minyak zaitun, atau minyak pembawa lainnya, lalu kocok dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com