Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 17/08/2023, 17:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman di halaman rumah yang terawat baik menjadi salah satu solusi dalam mendekorasi dan memberikan tampilan yang menyenangkan. Namun, terkadang nyamuk akan bersembunyi di dalam pot tanaman dan merusak kenyamanan.

Untungnya, dilansir Home Guides SF Gate, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi dan menghilangkan keberadaan serangga pengganggu ini di dekat tanaman pot Anda. 

Memahami keberadaan nyamuk

Keberadaan nyamuk di tanaman pot halaman rumah tak hanya akan menggigit dan meninggalkan gatal di kulit, namun nyamuk dapat membawa dan menyebarkan penyakit yang cukup parah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyamuk dari Rumah Menurut Para Ahli

Ilustrasi nyamuk, salah satu hewan pengisap darah.iStockphoto/Backiris Ilustrasi nyamuk, salah satu hewan pengisap darah.

Penn State Extension menjelaskan bahwa ada 2.000 spesies nyamuk di dunia. 

Untuk membasmi nyamuk di suatu area, penting untuk memahami dari mana mereka datang dan apa yang membuat mereka tertarik, yaitu genangan air. Hanya butuh satu atau dua minggu agar genangan air menjadi tempat berkembang biak nyamuk. 

Dengan menghilangkan genangan air, Anda menghilangkan area tempat nyamuk berkembang biak; ini akan membantu mengurangi jumlah mereka di area yang mencari makanan.

Demikian juga, jaga kebersihan area tersebut dari limbah yang mungkin berbau menarik bagi nyamuk. Ini termasuk daun busuk di tanaman pot di teras rumah.

Baca juga: 8 Hal yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah

Cara mengusir nyamuk

Ada beberapa cara untuk membuat taman terlihat tidak menarik bagi nyamuk. Ini bukan hanya tentang mengurangi area genangan air tempat mereka berkembang biak.

Ini juga tentang memperkenalkan hal-hal yang secara aktif tidak disukai nyamuk. Untuk itu, pastikan tanaman dalam pot memiliki drainase yang baik agar air tidak terkumpul di dalam pot.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com