Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Nyamuk di Halaman Rumah? Ini 5 Penyebabnya

Kompas.com - 18/08/2023, 21:48 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk merupakan serangga yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Nyamuk tidak akan berhenti untuk menghasilkan rasa gatal dari gigitannya kepada manusia, bahkan dalam beberapa kasus, dapat menjadi salah satu sumber penyakit.

Saat sedang duduk bersantai di halaman rumah, seringkali kita terganggu dengan kehadiran serangga kecil yang beterbangan ini. Kita sering tiba-tiba merasa gatal yang sungguh mengganggu. 

Jika Anda merasa nyamuk sering hadir ke halaman rumah Anda, itu mungkin bukan kebetulan.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Pot Tanaman Teras Rumah

Ilustrasi nyamuk, salah satu hewan pengisap darah.iStockphoto/Backiris Ilustrasi nyamuk, salah satu hewan pengisap darah.

Mengutip Real Simple, Jumat (18/8/2023),  menurut Angie Hicks, kepala pelanggan di Angi dan salah satu pendiri Angie’s List, berikut 5 kebiasaan yang menyebabkan banyak nyamuk di halaman rumah.

1. Tidak membersihkan genangan air dengan benar

Jika air tergenang di halaman rumah setelah terjadinya hujan, hal itu bisa menjadi alasan masalah betahnya nyamuk di sana.

Nyamuk membutuhkan air untuk tiga tahap pertama siklus hidupnya, sehingga genangan air dapat menjadi tempat bersarang dan mendorong pertumbuhannya, ungkap Hicks.

Air yang tergenang juga dapat berasal dari tanah dengan drainase yang buruk, masalah sistem irigasi, selokan yang tersumbat, dan banyak lagi.

Baca juga: Ternyata, Ini 6 Tempat Persembunyian Nyamuk di Rumah

Penting untuk Anda sering membersihkan talang dan mengevaluasi kembali sistem drainase halaman rumput, jika hal ini merupakan salah satu permasalahan yang terjadi.

Hicks juga merekomendasikan untuk mendapatkan bantuan ke tenaga ahli, jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com