Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Pakaian Bau Setelah Dicuci di Mesin Cuci dan Solusinya

Kompas.com - 07/08/2023, 16:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci memudahkan kita untuk mencuci pakaian secara efisien dan cepat. Mesin cuci memiliki pengaturan yang sesuai untuk berbagai tugas pencucian pakaian.

Pakaian yang dicuci di mesin cuci harus bersih dan segar, dan sisa bau dari keringat dan noda seharusnya tidak ada lagi. Sayangnya, ini tidak selalu terjadi.

Seringkali pakaian bau setelah dicuci di mesin cuci, yang membuat kita terpaksa kembali mengulangi proses mencuci pakaian.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Satu Tabung Bukaan Depan

Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/ASLYSUN Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci.

Penyebab pakaian yang dicuci di mesin cuci bau bisa bermacam-macam, mulai dari muatan mesin cuci, deterjen yang digunakan, hingga metode pengeringan yang tidak tepat. 

Dikutip dari Tom's Guide, Senin (7/8/2023), berikut beberapa penyebab pakaian bau setelah dicuci di mesin cuci dan solusinya.

1. Mesin cuci terlalu penuh

Salah satu kesalahan mencuci pakaian terbesar yang dapat Anda lakukan adalah membebani mesin cuci secara berlebihan. Meskipun ini adalah kebiasaan yang menggoda, namun sangat tidak boleh.

Saat pakaian dijejalkan ke dalam tabung mesin cuci, pakaian tidak akan dapat teraduk secara efisien, sehingga menghambat kinerja pembersihan. Selain itu, deterjen tidak akan bisa menyebar ke seluruh muatan.

Baca juga: Penyebab Mesin Cuci Mati Saat Digunakan dan Cara Mengatasinya

Pada akhirnya, pakaian cenderung menyimpan noda dan bau karena tidak dicuci dengan benar.

Mesin cuci yang kelebihan muatan bisa gagal berputar karena kelebihan berat membuatnya tidak seimbang. Jadi, meskipun Anda mencoba mengurangi penggunaan dan tekanan pada mesin cuci, sebenarnya Anda memperburuk keadaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com