Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2023, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai peralatan yang berfungsi membersihkan pakaian dan berbagai jenis kain, penting memperhatikan kebersihan mesin cuci

Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini. Padahal, mesin cuci bisa kotor, baik dari kotoran pakaian maupun buih sabun. 

Baca juga: Bolehkan Meletakkan Mesin Cuci di Kamar Mandi? Ini Panduannya

Tak hanya itu, mesin cuci yang kotor bisa mempengaruhi kinerja mesin cuci, pakaian menjadi tidak bersih, serta mesin cuci berbau. Mesin cuci berbau menandakan bahwa ada bakteri atau jamur di dalamnya.

Untungnya, masalah ini mudah diatasi. Dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (19/5/2023), berikut cara mengatasi mesin cuci berbau

Suhu dan fungsi

Ilustrasi mesin cuci.Shutterstock/New Africa Ilustrasi mesin cuci.
Beberapa mesin cuci memiliki fungsi pembersihan sendiri yang dapat Anda gunakan atau ada model mesin cuci lain yang memiliki fungsi higienis otomatis, yang diaktifkan ketika Anda memilih suhu yang lebih tinggi.

Misalnya, jika memilih mencuci pakaian pada suhu 15 derajat Celsius, mesin cuci akan menggunakan suhu konstan ini di seluruh siklus.

Hal ini dapat membantu mecegah mesin cuci berbau atau menghilangkan bau tidak sedap tersebut.  

Baca juga: 6 Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar dan Cara Mengatasinya

Produk pembersih mesin cuci komersial

Ada banyak pilihan produk pembersih untuk mesin cuci berbau. Tambahkan produk itu ke dalam slot cairan biasa dan memulai program pencucian.

Anda dapat memasukkan kain atau lap yang tidak digunakan untuk menyapu kotoran di dalam mesin cuci. Pertimbangkan memilih suhu yang lebih tinggi untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mesin cuci. 

Gunakan baking soda 

Ilustrasi baking sodaPixabay/Monfocus Ilustrasi baking soda
Selanjutnya, cara mengatasi mesin cuci berbau adalah menggunakan baking soda. Baking soda dikenal sebagai penghilang bau alami pada sejumlah benda, termasuk mesin cuci. Untuk memanfaatkannya, campurkan 59 mililiter air dengan baking soda dalam jumlah sama.

Setelah itu, tuangkan campuran tersebut ke dalam dispenser sabun alat dan nyalakan program pencucian, seperti biasa. Baking soda akan membantu menghilangkan bau tak sedap dari mesin cuci. 

Baca juga: Selain Pakaian, 7 Barang Ini Dapat Dibersihkan dengan Mesin Cuci

Cuka putih

Selain baking soda, cuka putih juga ampuh membersihkan mesin cuci berbau. Tuangkan cuka putih ke dalam dispenser sabun secukupnya, lalu jalankan siklus seperti biasa menggunakan suhu lebih tinggi.

Ingatlah Anda tidak boleh memasukkan pakaian apa pun ke dalamnya. Untuk hasil lebih baik, gabungkan cuka dan baking soda, yang sangat efisien membunuh bakteri.

Metode membersihkan mesin cuci berbau ini memiliki harganya jauh lebih murah daripada membeli larutan pembersih komersial. 

Baca juga: Bolehkah Mencuci Pakaian Bayi dengan Mesin Cuci?

Periksa segel karet 

Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi mesin cuci, mesin cuci bukaan depan.
Kemungkinan sumber bau tidak sedap terdapat pada segel karet pada pintu mesin cuci. Bakteri dan jamur bisa tumbuh di ruang lembap dan gelap ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com