Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memilih Furnitur Ruang Kerja di Rumah? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 16/07/2023, 18:39 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membuat ruang kerja di rumah, pemilihan furnitur merupakan hal yang  penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas Anda dalam bekerja.

Untuk memilih furnitur ruang kerja yang tepat, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Selain kenyamanan, penting pula mempertimbangkan ruang yang Anda miliki, bagaimana akan menggunakan ruang kerja, hingga anggaran. 

Dikutip dari Living Cozy, Minggu (16/7/2023), berikut hal yang harus diperhatikan saat memilih furnitur ruang kerja.

Baca juga: Cara Membersihkan Furnitur Hitam agar Bebas Debu

Kenyamanan

Ilustrasi ruang kerja di rumah.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Hal terpenting yang perlu diingat saat berbelanja perabot adalah kenyamanan, termasuk untuk ruang kerja. Untungnya, terdapat banyak pilihan yang memprioritaskan kenyamanan.

Jarret Yoshida, pendiri Jarret Yoshida Interior Design, mengatakan furnitur ruang kerja telah berevolusi untuk mengakomodasi tubuh dan pola kerja kita. "Meja berdiri, treadmill, penyesuaian ketinggian monitor, semuanya tersedia sekarang," katanya. 

Namun, sebelum membeli, Yoshida menyarankan mengevaluasi tubuh Anda serta hal yang menyebabkan kenyamanan dan ketidaknyamanan pada waktu lalu. Setelah itu, Anda dapat mempertimbangkan anggaran dan estetika. 

Ia mengingatkan memilih furnitur ruant kerja bukan waktunya untuk berhemat. Menurutnya, menghabiskan biaya lebih banyak untuk sesuatu yang akan Anda gunakan selama hampir 40 jam seminggu adalah investasi untuk kesehatan.

Baca juga: Cara Merawat Furnitur Berlapis Kulit agar Awet dan Tahan Lama

Bagaimana Anda akan menggunakan ruang kerja

Selain itu, pertimbangkan juga bagaimana Anda akan menggunakan ruang kerja di rumah. Sebagai contoh, Anda sering melakukan panggilan video atau bekerja paruh waktu di lokasi lain.

Faktor-faktor tersebut berkontribusi pada apa yang diperlukan untuk mendesain kantor secara efektif.

April Gandy, Principal Designer Alluring Designs Chicago, mengatakan informasi pertama yang ia butuhkan dari klien adalah memahami ruang kerja yang akan digunakan. 

“Mengetahui bagaimana ruangan akan digunakan membantu menentukan apa yang dibutuhkan di ruangan tersebut. Pada akhirnya, saya dapat memiilh furnitur dengan ukuran  tepat setelah mengetahui semua yang saya butuhkan untuk muat di ruang tersebut,” katanya

Baca juga: 5 Keuntungan Meletakkan Sofa di Ruang Kerja, Bikin Produktif

Pertimbangkan ruang

Ilustrasi ruang kerja minimalis di rumah. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang kerja minimalis di rumah.
Faktor penting dalam mempertimbangkan furnitur di ruang kerja di rumah adalah ruang itu sendiri. Ruang kerja tersebut akan menginformasikan jenis dan jumlah furnitur yang Anda butuhkan untuk membuat ruangan tersebut indah dan fungsional.

“Pertimbangan pencahayaan dan perencanaan ruang akan sangat bergantung pada jenis ruangan yang Anda gunakan serta privasinya dari bagian rumah lainnya,” imbuh Mindy O’Connor, principal Melinda Kelson O’Connor Architecture & Interiors.

Baca juga: 6 Tips Menciptkan Ruang Kerja yang Lebih Produktif Menurut Feng Shui

Gaya

Belle Fortte desainer interior di EDGE Interiors mengatakan memilih perabot kantor yang konsisten dalam gaya, warna, dan desain akan membuat ruang kerja di rumah lebih kohesif.

Ia melanjutkan, ruang kerja harus mencerminkan kepribadian Anda sehingga penuh gaya tidak hanya akan membuat keluarga, teman, dan tamu terkesan, tapi juga membuat Anda dalam suasana hati yang baik untuk memulai pekerjaan.

Dave Adams, VP of Marketing and Merchandising di BDI Furniture menambahkan, terlepas dari ukuran ruang kerja, penting memasukkan furnitur yang tidak hanya fungsional, tapi juga melengkapi estetika rumah dan memungkinkan Anda membawa sedikit sentuhan personal.

Baca juga: 4 Cara Memilih Furnitur Terbaik untuk Rumah Kecil Menurut Desainer

Anggaran

Anggaran menjadi faktor yang menentukan saat membeli furnitur. Belle Fortte mengatakan, meski terlihat mudah memilih furnitur yang lebih murah untuk menghemat uang, tapi hal ini hanya akan membuat Anda lebih stres dan mengeluarkan biaya lebih banyak pada kemudian hari.

“Jika anggaran rendah, saya sarankan mengurangi jumlah furnitur yang Anda beli,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com