Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memilih Furnitur Terbaik untuk Rumah Kecil Menurut Desainer

Kompas.com - 29/03/2023, 10:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadirkan furnitur ke rumah tak hanya mempercantik, tetapi juga melengkapi tampilan ruangan, memudahkan kegiatan, dan menjadi ruang penyimpanan.

Namun, ukuran furnitur yang dipilih harus sesuai dengan ruangan, terlebih bila tinggal di rumah kecil. 

Baca juga: Tanaman Mini yang Cocok untuk Rumah Kecil dan Cara Merawatnya

Hanya karena bisa memasukkan sofa melalui pintu, bukan berarti ukurannya tepat untuk ruangan. Karena itu, Anda perlu mengukur furnitur dan ruangan untuk mendapat ukuran tepat. 

Namun, sebelum bersusah payah dengan meteran, ada beberapa trik yang perlu dipelajari untuk menemukan furnitur ruang kecil terbaik dan menghindari stres saat berbelanja. 

Untuk membantu Anda memulai, dua desainer berbagi cara memilih furnitur terbaik untuk rumah kecil disadur dari My Domaine, Rabu (29/3/2023).  

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Rumah Kecil agar Tampak Fungsional

Jangan membuat ruangan terlalu penuh 

Ilustrasi ruang keluarga kecil.Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi ruang keluarga kecil.
Ketika berbicara tentang bekerja secara strategis dengan skala furnitur, desainer Marlaina Teich mengatakan Anda harus selalu memastikan tidak membuat ruangan menjadi penuh sesak.

Pilihlah lebih sedikit barang yang lebih besar daripada mengisinya dengan berbagai barang kecil. Lebih kecil tidak selalu berarti lebih baik di sini.

"Berikan ruang untuk perabot. Saya tahu ini mungkin terlihat sulit saat mencoba memasukkan semuanya, tapi Anda perlu memberi ruang kosong yang cukup di antaranya," imbuhTech. 

Baca juga: 7 Tips Menata Barang di Rumah Kecil agar Tetap Teratur

Pastikan setiap furnitur memiliki tujuan 

Selanjutnya, cara memilih furnitur untuk rumah kecil adalah memastikan setiap barang memiliki tujuan. Jika mempunyai anggaran terbatas, maksimalkan anggaran dan luas ruangan dengan mencari furnitur multiguna yang memiliki fleksibilitas.

Misalnya, menggunakan sofa bed yang bisa digunakan untuk tidur dan duduk. Meja konter dapat digunakan untuk makan dan sebagai ruang persiapan tambahan, yang merupakan tip yang bagus untuk dapur kecil.

Kursi bar dapat diselipkan di bawah meja, yang juga menyediakan rak tambahan. 

Baca juga: 5 Ide Ruangan Penyimpanan di Rumah Kecil

Jaga furnitur tetap sederhana dan fungsional 

Ilustrasi ruang keluarga kecilShutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga kecil
Tech menjelaskan ruang kecil tidak harus kekurangan gaya dan fungsi. Ruang ini hanya membutuhkan beberapa pemikiran kreatif.

Pilih furnitur yang sederhana, tetapi memiliki banyak fungsi atau serbaguna untuk rumah kecil seperti sofa dengan beberapa pilihan penyimpanan, meja dapur yang juga bisa digunakan untuk meja makan, dan tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya. 

Baca juga: Tak Perlu Pindah, Ini 4 Cara Memaksimalkan Ruang di Rumah Kecil

Perhatikan proporsi

Low pernah mendesain rumah kecil yang terdiri atas tiga lantai, tapi tidak memiliki banyak ruang. "Idenya adalah membuatnya tetap terbuka, lapang, dan membawa warna untuk melengkapi semua ubin terakota," kata Low.

Menurut Low, tingkatan berbeda saling bermain satu sama lain dan kami menampilkan alirannya dengan potongan-potongan yang fungsional dan ukurannya sesuai dengan ruangan. 

Perhatikan bagaimana Low menggunakan kursi cinta kecil dan rendah alih-alih sofa yang lebih besar di rumah kecil tersebut. 

Baca juga: 5 Ide Menata Rumah Kecil agar Tampak Besar dan Nyaman

Ini terasa lebih seimbang dan menghemat ruang untuk meja samping yang minimalis. Furnitur ini juga membuat ruang tamu terasa lebih terbuka, tempat duduk tambahan di sudut, dan di seberang meja kopi tidak terlihat aneh.

Trik-trik kecil seperti inilah membantu menjaga rumah kecil tampak besar, nyaman, serta bebas berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com