Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Burung dengan Terbang Tercepat di Dunia, Lebihi Kecepatan Rubicon

Kompas.com - 29/03/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Terbang merupakan salah satu kemampuan dan keistimewan burung yang tidak dimiliki hewan lain. Burung bisa terbang dan menjelajah ke mana pun serta menghindari mangsa berbahaya. 

Namun, dalam persaingan ketat untuk bertahan hidup, kemampuan terbang burung ini memiliki tujuan yang jauh lebih mendasar. Ini adalah sarana penting untuk berburu, bepergian, bahkan pacaran. 

Baca juga: Burung Juga Bisa Stres, Ini Penyebab dan Tanda-tandanya

Ada dua cara berbeda mengukur kecepatan terbang buru. Pertama, penerbangan mendatar. Ini berarti kecepatan yang dibutuhkan burung untuk terbang dalam garis lurus.

Kedua, penerbangan menukik, yang berarti kecepatan burung menukik ke bawah untuk membunuh mangsanya. Jenis penerbangan terakhir ini umumnya jauh lebih cepat, tetapi hanya dapat bertahan selama beberapa detik. 

Ketika menentukan burung dengan terbang tercepat, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti kecepatan sayap, kecepatan terbang, dan kecepatan menukik.

Para ilmuwan menggunakan alat pelacak dan aerodinamika dasar untuk mengukur kecepatan terbang burung. Bahkan kecepatan terbang burung ini melebihi mobil jeep Rubicon (kecepatan maksimum 160 km/jam) dan mencapai kecepatan pesawat.  

Meski daftar burung dengan terbang tercepat di dunia ini tidak bisa dipelihara, tak ada salahnya mengenalnya. 

Dilansir dari AZ Animals, Rabu (29/3/2023), berikut sejumlah burung dengan terbang tercepat di dunia.  

Baca juga: Ternyata, Ini 7 Keuntungan Memelihara Burung di Rumah

Peregrine falcon-386 kmh

Ilustrasi burung peregrine falcon. Shutterstock/Sriram Bird Photographer Ilustrasi burung peregrine falcon.
Peregrine falcon meraih gelar sebagai burung dengan terbang tercepat di dunia. Sebagai lambang perburuan dan budaya sepanjang sejarah manusia, burung Peregrine falcone dapat mencapai kecepatan sekitar 200-240 mph atau sekitar 356 kilometer per jam (kmh) dalam penyelamannya yang mematikan serta berkecepatan tinggi (hingga 68 mph saat terbang mendatar).

Untuk mencapai kecepatan ekstrem seperti itu, Peregrine falcon memiliki kemampuan melipat sayap aerodinamisnya ke belakang tubuhnya untuk mengurangi hambatan.

Menurut sebuah penelitian, Peregrine falcon akan terus melakukan penyesuaian kecil pada posisi dan kecepatan sayap hingga saat kontak untuk benar-benar mencapai targetnya.

Peregrine falcon mampu memangsa burung yang bergerak cepat seperti merpati, songbird, dan cukup cepat menangkap kelinci.

Bahkan lubang hidungnya beradaptasi menoleransi udara saat menyelam serta membantu melindungi paru-parunya dari kerusakan. 

Baca juga: 4 Penyakit yang Menyerang Burung Merpati, Apa Saja?

Saker falcon-321 kmh 

Saker falcon berpatroli di padang rumput terbuka di Eurasia dan Afrika untuk memangsa hewan pengerat serta burung-burung kecil.

Predator yang menakutkan ini menukik ke bawah pada mangsa dengan kecepatan menyelam hingga 321 kmh dan melumpuhkannya dengan serangan cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com