Kompas.com - 06/10/2021, 07:19 WIB
Ilustrasi burung di dalam sangkar. PIXABAY/17834790Ilustrasi burung di dalam sangkar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Stres dapat memengaruhi kesehatan hewan peliharaan Anda. Karena secara alami burung peliharaan adalah hewan yang sangat sensitif, maka mereka cenderung tidak dapat mengatasi stres semudah kucing atau anjing.

Mampu mengenali stres pada burung peliharaan penting untuk menjaga lingkungan di mana teman burung dapat berkembang secara mental dan fisik. Sebagai pemilik burung, penting bagi Anda mempelajari penyebab dan tanda-tanda stres yang dialami burung.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (6/10/2021), berikut penyebab burung stres dan tanda-tanda burung stres yang perlu diketahui.

Baca juga: 3 Penyebab Burung Terus Berkicau Sepanjang Malam

Ilustrasi burung di dalam sangkar. PIXABAY/JHENNING_BEAUTY_OF_NATURE Ilustrasi burung di dalam sangkar.

Penyebab burung stres

Seperti manusia, burung dapat mengalami stres karena sejumlah alasan berbeda. Burung adalah makhluk yang hidup dengan rutinitas, sehingga lerubahan jadwal atau lingkungan bisa menjadi pemicu stres.

Perubahan lingkungan, mulai dari pindah ke rumah baru, anggota keluarga atau hewan peliharaan baru, kebisingan di luar rumah, warna cat, atau perubahan lokasi dapat menyebabkan burung stres.

Rutinitas baru, seperti pemilik atau burung lain pun dapat memicu stres.

Hewan liar yang tidak dikenal, bahkan dilihat dari jendela pun dapat membuat burung kesal.

Baca juga: Mengapa Sangkar Burung Ditutup Kain pada Malam Hari? Ini Alasannya

Perubahan siklus cahaya, seperti pindah ke ruangan yang lebih gelap, musim kemarau, atau penutup sangkar, juga dapat membuat burung stres. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.