Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2023, 12:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung adalah hewan yang sangat cerdas dan sensitif secara emosional. Tak heran, memelihara burung butuh banyak perhatian dan berbeda dengan hewan peliharaan lain seperti anjing atau kucing.

Bahakan, burung peliharaaan bisa merasa bosan apabila tidak dilibatkan secara teratur, terutama jenis yang sangat cerdas seperti burung beo

Baca juga: 5 Cara Menjalin Ikatan dengan Burung Peliharaan

Namun, membuat burung peliharaan tidak bosan atau terus-menerus sibuk menjadi tugas yang tidak mudah, terutama saat Anda berada di luar rumah.

Untungnya, ada beberapa cara memastikan burung peliharaan tetap bahagia. Berikut cara mencegah kebosanan pada burung peliharaan dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (9/1/2023). 

Pelihara burung secara teratur

Ilustrasi burung lovebird.Shutterstock/Ward Poppe Ilustrasi burung lovebird.
Meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk memegang dan menangani burung  dapat memberikan stimulasi mental positif yang sangat besar bagi sahabar bulu.

Sering memegang burung juga membantu mengembangkan dan mempertahankan ikatan dengan burung peliharaan.

Burung beo merasa paling bahagia adalah ketika banyak menghabiskan waktu bersama pemilik atau pengasuhnya. 

Cara in juga membantu Anda menjadi memahami dan lebih akrab dengan bahasa tubuh burung peliharaan. Hal ini juga membantu menemukan kelainan fisik dan perubahan kepribadian yang bisa menandakan penyakit atau cedera. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Burung Kolibri, Bisa Melayang dan Makan Tiap 10 Menit

Putar mainan burung

Sama dengan anak kecil, burung juga bosan bermain dengan mainan lama yang sama setelah beberapa saat. Mainan burung bisa jadi mahal, jadi beberapa pemilik memilih menyimpan beberapa jenis mainan yang berbeda dan merotasi mainan lama setiap beberapa minggu.

Dengan cara ini, burung bisa bermain dengan mainan "baru" sesekali, yang akan membantunya tetap sibuk secara mental.  Selain itu, ini menjadi cara mencegah kebosanan pada burung peliharaan. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Memegang Burung Peliharaan dengan Aman

Ajarkan trik kepada burung peliharaan 

Ilustrasi burung beo.PIXABAY/D_Fenix249 Ilustrasi burung beo.
Waktu yang dihabiskan bersama burung saat mengajarkan beberapa trik, ditambah camilan lezat sebagai hadiah untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, memberikan banyak stimulasi bagi anjing peliharaan.

Pada saat yang sama, hal ini memberikan waktu sosialisasi dan memperkuat ikatan pemilik burung.

Seiring perkembangan burung, tambahkan trik baru untuk membantu menjaga prosesnya tetap segar serta meningkatkan kecerdasan burung peliharaan.   

Baca juga: 5 Masalah Perilaku yang Dialami Burung Peliharaan dan Cara Mengatasi

Putar musik atau video 

Memutar musik atau video dapat menjadi cara mencegah kebosanan pada burung peliharaan. Burung secara alami tertarik pada suara dan bunyi-bunyian yang berbeda.

Jadi, meninggalkan radio atau televisi membantu membuatnya tetap senang serta nyaman saat menghabiskan waktu di kandangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com