Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memelihara Burung

Kompas.com - 23/12/2022, 13:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Burung menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara. Memelihara burung dianggap lebih mudah dan murah dibanding hewan lainnya.

Selain itu, memelihara burung kerap menjadi alternatif bila belum siap memelihara hewan yang lebih besar seperti anjing dan kucing. 

Baca juga: 8 Burung Peliharaan Terbaik untuk Mereka yang Sibuk 

Hal ini lantaran burung tidak membutuhkan banyak perawatan dan pelatihan serta biaya makan yang lebih murah.

Meski demikian, ada sejumlah hal yang perlu diketahui sebelum memelihara burung di rumah seperti menyesuaikan dengan gaya hidup serta cara merawatnya.

Nah, berikut sejumlah hal yang perlu diketahui sebelum memelihara burung dikutip dari The Spruce Pets, Jumat (22/12/2022).

Tinggalkan pengharum ruangan

Ilustrasi pengharum ruangan alami.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi pengharum ruangan alami.
Pengharum ruangan, seperti lilin beraroma, minyak esensial, penyegar udara, perlengkapan pembersih, dan produk kimia lainnya, dapat menimbulkan bahaya kesehatan bagi burung peliharaan.

Burung memiliki sistem pernapasan yang sangat sensitif, yang mudah teriritasi oleh bahan kimia dan asap.

Ini dapat mengakibatkan kematian mendadak, tergantung pada jumlah dan zat yang dihirup burung. Selain itu, pengharum ruangan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berkelanjutan.  

Baca juga: 5 Burung dengan Kicau Paling Indah di Dunia, Apa Saja? 

Jangan pernah merokok di dalam rumah

Selanjutnya, hal yang perlu diketahui sebelum memelihara burung adalah tidak merokok di dalam rumah. Asap rokok tidak hanya buruk untuk manusia, tapi juga burung peliharaan.

Maka itu, hindari merokok atau menggunakan produk tembakau di dalam rumah. Jangan lupa mencuci tangan setelah merokok sebelum memegang burung.

Asap rokok yang melekat pada pakaian dan barang apa pun di dalam rumah dapat berdampak negatif pada kesehatan burung peliharaan.

Siap untuk bangun pagi 

Ilustrasi burung beo.Shutterstock/Martin Mecnarowski Ilustrasi burung beo.
Kandang burung yang tidak ditutupi kain dapat membuat burung bangun begitu terkena cahaya matahari. 

Selain itu, burung juga akan bangun saat mulai mendengar suara-suara, terutama burung di luar ruangan. Burung memulai hari dengan cerah dan lebih awal. Ini juga mengharuskan pemilik burung untuk bangun pagi lebih cepat.

Jadi, bersiaplah menyesuaikan jadwal tidur Anda untuk mengakomodasi burung peliharaan. Burung juga membutuhkan makanan dan air segar segera setelah bangun bersama dengan beberapa permainan dan sosialisasi. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Penyebab Burung Peliharaan Menggigit 

Singkirkan tanaman hias beracun

Menyingkirkan tanaman beracun adalah hal yang perlu diketahui sebelum memelihara burung. Sama dengan anjing dan kucing, banyak tanaman beracun untuk burung peliharaan. Tanaman ini dapat menyebabkan penyakit ringan hingga kematian mendadak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com