Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Burung Beo, Bisa Hidup Lebih dari 80 Tahun

Kompas.com - 25/10/2022, 15:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah anjing, kucing, dan ikan, burung adalah hewan peliharaan favorit. Di Amerika Serikat, diperkirakan ada 14 juta burung hidup di seluruh penangkaran dan banyak di antaranya adalah burung beo

Begitu pun di Indonesia, beo menjadi burung yang banyak dijadikan peliharaan. Dengan kemampuannya meniru suara manusia, memiliki warna bulu menawan, kejenakaan akrobatik, dan kepribadian yang kerap konyol membuat karakter burung beo sulit ditolak. 

Baca juga: Alasan Burung Beo Dapat Menirukan Ucapan Manusia

Di antara jenis burung, burung beo adalah burung yang sangat cerdas, mudah dilatih, serta suka bersenang-senang sehingga menjadikannya hewan peliharaan yang luar biasa.

Namun, memelihara burung beo membutuhkan perhatian dan latihan sangat tinggi serta beberapa tantangan tak terduga.

Kurangnya latihan dapat membuat burung beo stres dan berperilaku buruk seperti mencabuti bulunya saat merasa bosan. Untuk itu, mereka yang sibuk tidak dianjurkan memelihara burung beo.

Selain hal-hal yang telah disebutkan, burung beo masih menyimpan sejumlah fakta menarik. Dilansir dari Smithsonianmag dan Petkeen, Selasa (25/10/2022), berikut sejumlah fakta menarik burung beo yang perlu diketahui.  

Baca juga: 4 Latihan yang Dapat Mengusir Rasa Bosan pada Burung Beo

Memiliki tiga kelompok 

Ilustrasi burung beo.PIXABAY/alvaroas8a0 Ilustrasi burung beo.

Ada lebih dari 18 ribu spesies burung di dunia, 393 di antaranya burung beo dalam ordo Psittaciformes.

Kelompok itu mencakup tiga famili super, yakni Strigopoidea (burung beo Selandia Baru), Cacatuoidea (kakatua), dan Psittacoidea (burung beo sejati). Burung beo Psittacoidea memiliki paling banyak spesies dengan jumlah 333 spesies.

Burung beo sangat cerdas

Selanjutnya, fakta menarik burung beo adalah hewan yang cerdas. Hal ini lantaran kemampuannya "berbicara" atau meniru suara manusia, mudah dilatih, serta menggunakan peralatan.

Ternyata struktur otak burung beo mirip dengan primata. Beberapa jenis burung beo, seperti kakatua, bahkan telah belajar cara membuka tong sampah. 

Baca juga: 5 Jenis Burung Beo Kecil yang Dapat Dipelihara

Burung beo memiliki kaki berbeda dari burung lainnya

Kebanyakan burung memiliki empat jari per kaki. Namun, burung beo berbeda dari sebagian besar jenis burung. Burung ini memiliki dua jari pada bagian depan dan belakang.

Hal itu memungkinkan burung beo untuk menggenggam sesuatu dengan lebih baik seperti makanan serta memberinya dorongan ketika harus mendaki. 

Burung beo bisa hidup lebih dari 80 tahun

Ilustrasi burung beo.Shutterstock/Martin Mecnarowski Ilustrasi burung beo.
Fakta menarik burung beo lainnya adalah berumur panjang. Rata-rata usia hidup burung beo sekitar 20-30 tahun. Namun, ada spesies burung beo tertentu dapat hidup lebih dari 80 tahun meski tidak umum. 

Presiden AS Winston Churchill dikenal mengoleksi hewan langka dan eksotik, salah satunya burung beo Blue Macaw yang diberi nama Charlie. Charlie disebut berusia lebih dari 100 tahun dan menjadikannya burung beo tertua. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com