Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Tanaman Lili Paris di Rumah dan Cara Merawatnya

Kompas.com - Diperbarui 13/06/2023, 14:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lili paris atau spider plant (Chlorophytum comosum) memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Tanaman hias ini memiliki daun-daun yang menjuntai layaknya kaki laba-laba.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tanaman hias yang banyak dijadikan koleksi di rumah ini juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan? Manfaat lili paris menjadikannya salah satu tanaman dalam ruangan terbaik untuk diletakkan di rumah Anda.

Berikut beberapa manfaat tanaman lili paris dan cara merawatnya, dikutip dari Homes & Gardens.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menarik Keberuntungan di Rumah

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris. SHUTTERSTOCK/TYNZA Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris.

Manfaat tanaman lili paris

Tanaman lili paris sangat cocok untuk rumah yang cerah. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh dan mudah dirawat.

Terlebih lagi, dedaunannya yang menjuntai membuatnya tidak hanya menjadi salah satu tanaman terbaik untuk pot gantung, tetapi juga salah satu tanaman yang populer di Instagram.

Tanaman lili paris adalah tanaman dalam ruangan yang sejuk dan indah dengan daun yang jelas, diwarnai dalam nuansa hijau dan beberapa pernah beraneka ragam, jelas Megan Cain, pendiri The ZEN Succulent

Menurut Cain, lili paris adalah tanaman yang cocok untuk pemula karena perawatannya yang rendah dan sifatnya yang ramah hewan peliharaan, serta bertahan dalam banyak situasi.

Baca juga: 5 Cara Meletakkan Tanaman Hias di Rumah Menurut Feng Shui

1. Tanaman lili paris membantu membersihkan udara

Manfaat lili paris dalam ruangan yang paling penting adalah kemampuannya untuk menyaring dan memurnikan udara di rumah. Tanaman tidak beracun ini juga sempurna untuk menyaring racun dari udara seperti formaldehida, toluena, dan xylene, jelas Cain.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com