Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta Menarik Burung Kolibri, Bisa Melayang dan Makan Tiap 10 Menit

Kompas.com - 05/01/2023, 21:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Berwarna cerah dan memesona, kolibri adalah salah satu burung paling menarik dari lebih dari 18 ribu spesies burung di dunia.

Burung kolibri menggabungkan warna-warna cerah dan keterampilan terbang yang luar biasa dalam tubuh yang mungil. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Memegang Burung Peliharaan dengan Aman

Kebanyakan burung kolibri memiliki panjang antara lima sampai 12 sentimeter dan beratnya kurang dari seukuran baterai AA.

Burung kolibri memiliki spesies yang tidak sedikit. Setidaknya ada 368 spesies burung kolibri di seluruh dunia, sebagian besar di Amerika Selatan, di mana warna cerahnya menyatu dengan lingkungan yang subur.

Namun, Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) mencantumkan ada 62 spesies burung kolibri hampir terancam atau lebih buruk. 

Sama dengan jenis burung lainnya, kolibri memiliki sejumlah fakta menarik. Dilansir dari Treehugger, Kamis (5/1/2023), berikut fakta menarik burung kolibri

Baca juga: 5 Masalah Perilaku yang Dialami Burung Peliharaan dan Cara Mengatasi

Burung kolibri benar-benar bersenandung

Ilustrasi burung kolibri blue violet sabrewing.Shutterstock/Ondrej Prosicky Ilustrasi burung kolibri blue violet sabrewing.
Burung kolibri bersenandung, tetapi suaranya bukan berasal dari suara mereka. Dengungan itu berasal dari gerakan sayap mereka yang cepat.

Semakin kecil burung kolibri, semakin cepat detak sayapnya. Burung kolibri mengepakkan sayapnya antara 10-80 kali per detik selama penerbangan langsung.

Selama dalam masa pacaran, detak sayap burung kolibri bisa mencapai 200 kali per detik. Burung jantan memiringkan sayap dan bulu ekornya selama penyelaman tersebut untuk menciptakan suara trilling dan mendapatkan perhatian betina.  

Baca juga: Cara Menjaga Burung Peliharaan Tetap Hangat Saat Cuaca Dingin

Bisa melayang 

Selanjutnya, fakta menarik burung kolibri adalah bisa melayang. Burung kolibri tidak hanya bisa terbang ke atas dan bawah, tetapi juga samping, bahkan terbalik.

Burung kolibri mengepakkan sayapnya dalam pola angka delapan yang mirip dengan serangga sehingga menjadikannya satu-satunya vertebrata yang mampu melayang secara berkelanjutan.

Kecepatan rata-rata burung kolibri adalah 26 mph dengan kecepatan 2 mph yang jauh lebih lambat digunakan di antara bunga-bunga.

Bahkan bberapa burung kolibri jantan mencapai kecepatan 55 mph atau lebih ketika menyelam selama pacaran. 

Baca juga: Bisakah Melatih Burung Peliharaan Hidup Tanpa Kandang?

Banyak spesies bermigrasi

Ilustrasi burung kolibri.Shutterstock/Martin Pelanek Ilustrasi burung kolibri.
Sebagian besar spesies burung kolibri bermigrasi dan melakukannya sendirian. Berlawanan dengan legenda urban, burung tidak menumpang pada angsa Kanada yang bermigrasi.

Burung kolibri rufous dapat bermigrasi paling jauh terbang sejauh 4.000 mil dari Meksiko ke Alaska setiap tahun.

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com