Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2023, 18:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ukuran rumah yang terbatas alias kecil membuat beberapa orang enggan menghadirkannya tanaman hias ke dalamnya.

Padahal, meski rumah kecil, bukan berarti tidak bisa menghadirkan "hutan" dalam ruangan. Nyatanya, memasukkan tanaman ke rumah kecil memberikan dampak besar. 

Baca juga: 5 Cara Menata Rumah Kecil agar Tampak Luas dan Fungsional

Tanaman dapat menambah keindahan dan memberikan manfaat fungsional, seperti meningkatkan suasana hati yang positif, membersihkan udara, serta membuat Anda merasa terhubung dengan alam tanpa harus melangkah keluar.

Ada banyak tanaman yang bisa dimasukkan ke rumah kecil, baik tanaman daun maupu bunga. Semua tanaman ini tumbuh subur di rumah kecil, bahkan tanaman paling kecil bisa terlihat menggemaskan bergerombol di ambang jendela.

Anil Chandrakumar, ahli hortikultura sekaligus koordinator taman di Departemen Pertamanan Kota New York, Amerika Serikat, mengatakan tanaman dapat menambahkan elemen dekoratif yang tidak bisa dilakukan aksesori. 

"Tanaman memperhalus interior ruangan, mempercantik ruangan, dan memperbaiki lingkungan di dalam rumah," ucap Chandrakumar.  

Jadi, tidak ada alasan rumah kecil dapat menghentikan Anda menghadirkan tanaman di dalam ruangan. 

Dilansir dari Reader's Digest, Senin (20/3/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok dirawat di rumah kecil.  

Baca juga: 6 Hewan Eksotis yang Cocok Dipelihara di Rumah Kecil

Croton petra

Ilustrasi tanaman croton petra.Shutterstock/Mehmet Gokhan Bayhan Ilustrasi tanaman croton petra.
Dikenal dengan daunnya berbentuk oval bermotif cerah, semak tropis yang ringkas ini menghadirkan nuansa resor Jamaika di ruangan mana pun, termasuk rumah kecil. 

Tanaman croton petra menyukai cahaya, air, dan kelembapan, yang membuatnya menjadi tanaman bagus untuk kamar mandi. 

"Sebaiknya, letakkan tanaman ini di dekat jendela karena semakin banyak cahaya yang masuk, semakin bagus warnanya," kata Chandrakumar.

Misalnya, untuk rumah kecil, seperti apartemen, Anda bisa meletakkan di teras atau balkon. Tanaman ini juga bisa hidup di luar di musim panas. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Semut yang Bisa Ditanam di Kebun dan Dalam Rumah

Pothos

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok dirawat di rumah kecil adalah pothos.Tanaman merambat ini sangat bagus diletakkan di atas rak buku dan merupakan kandidat  sempurna untuk diperbanyak.

Menurut Chandrakumar, pothos adalah tanaman hias yang ideal untuk apartemen atau rumah kecil. Tanaman ini memiliki tampilan bagus dan bisa menciptakan "hutan" di dalam rumah.

Kaktus Natal  

Ilustrasi tanaman hias Christmas Cactuses atau kaktus Natal. Shutterstock/Nadezhda Nesterova Ilustrasi tanaman hias Christmas Cactuses atau kaktus Natal.
Saat musim dingin mulai tiba, tanaman kaktus kecil ini menampilkan pertunjukan warna-warni yang mengejutkan, mekar melimpah dan eksotis dalam semalam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com