Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias yang Cocok Dirawat di Rumah Kecil

Padahal, meski rumah kecil, bukan berarti tidak bisa menghadirkan "hutan" dalam ruangan. Nyatanya, memasukkan tanaman ke rumah kecil memberikan dampak besar. 

Tanaman dapat menambah keindahan dan memberikan manfaat fungsional, seperti meningkatkan suasana hati yang positif, membersihkan udara, serta membuat Anda merasa terhubung dengan alam tanpa harus melangkah keluar.

Ada banyak tanaman yang bisa dimasukkan ke rumah kecil, baik tanaman daun maupu bunga. Semua tanaman ini tumbuh subur di rumah kecil, bahkan tanaman paling kecil bisa terlihat menggemaskan bergerombol di ambang jendela.

Anil Chandrakumar, ahli hortikultura sekaligus koordinator taman di Departemen Pertamanan Kota New York, Amerika Serikat, mengatakan tanaman dapat menambahkan elemen dekoratif yang tidak bisa dilakukan aksesori. 

"Tanaman memperhalus interior ruangan, mempercantik ruangan, dan memperbaiki lingkungan di dalam rumah," ucap Chandrakumar.  

Jadi, tidak ada alasan rumah kecil dapat menghentikan Anda menghadirkan tanaman di dalam ruangan. 

Dilansir dari Reader's Digest, Senin (20/3/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok dirawat di rumah kecil.  

Tanaman croton petra menyukai cahaya, air, dan kelembapan, yang membuatnya menjadi tanaman bagus untuk kamar mandi. 

"Sebaiknya, letakkan tanaman ini di dekat jendela karena semakin banyak cahaya yang masuk, semakin bagus warnanya," kata Chandrakumar.

Misalnya, untuk rumah kecil, seperti apartemen, Anda bisa meletakkan di teras atau balkon. Tanaman ini juga bisa hidup di luar di musim panas. 

Pothos

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok dirawat di rumah kecil adalah pothos.Tanaman merambat ini sangat bagus diletakkan di atas rak buku dan merupakan kandidat  sempurna untuk diperbanyak.

Menurut Chandrakumar, pothos adalah tanaman hias yang ideal untuk apartemen atau rumah kecil. Tanaman ini memiliki tampilan bagus dan bisa menciptakan "hutan" di dalam rumah.

Berbeda dengan kaktus lainnya, kaktus Natal atau Christmas cactus tidak membutuhkan sinar matahari langsung yang melimpah dan hanya memerlukan sedikit air.

Letakan tanaman hias ini rumah kecil atau tempat dengan cahaya terang dan tidak langsung, lalu siram setiap dua atau tiga minggu sekali. Bunganya dapat bertahan selama berminggu-minggu. 

Lidah buaya

Tanaman sukulen runcing ini dapat tumbuh cukup kecil untuk pot di ambang jendela, tapi bisa tumbuh hingga 60 sentimeter. 

Lidah buaya menyukai cahaya terang dan harus disiram secukupnya pada musim panas dan lebih jarang saat musim hujan.

Ditambah, kata Chandrakumar, tanaman hias yang cocok dirawat di rumah kecil ini memiliki manfaat kesehatan seperti mengatasi kulit terbakar dan menyegarkannya. 

Lavender senang dengan tingkat air yang rendah hingga sedang. "Ini adalah tanaman yang bagus untuk kamar tidur karena aromanya yang manis dan menenangkan," ucap Chandrakumar.

Namun, tanaman lavender membutuhkan cahaya, jadi pastikan membuka tirai pada pagi hari di kamar tidur.  

Lidah mertua

Lidah mertua bisa tumbuh di atas meja atau lantai, tergantung pada ukurannya, dan salah satu tanaman hias yang sulit dibunuh. 

Tanaman hias yang cocok dirawat di rumah kecil ini bisa membersihkan racun di udara dan tidak berubah-ubah terhadap cahaya atau air.

Namun, pastikan Anda tidak meninggalkan tanaman lidah mertua di dekat jendela yang terbuka pada musim dingin. "Lidah mertua sangat tropis dan hawa dingin akan membunuhnya," imbuh Chandrakumar. 

Tanaman ini juga sangat mudah membelah diri dan diperbanyak. Tanaman giok menyukai tempat teduh serta dapat bertahan hidup selama berbulan-bulan tanpa air.

Untuk merawatnya, letakkan tanaman giok jauh dari jendela di tempat sejuk untuk membuatnya tetap bahagia.

"Saya pernah meletakkannya di dekat matahari dan membuatnya sedikit terbakar," ujar Chandrakumar.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/20/185500376/7-tanaman-hias-yang-cocok-dirawat-di-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke