Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2023, 09:31 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cahaya alami merupakan hal penting di sebuah rumah. Cahaya alami yang cukup di rumah akan membuat penghuninya lebih segar dan nyaman.

Tak hanya itu, paparan sinar matahari berkaitan dengan peningkatan kesehatan dan suasana hati. Cahaya alami dapat membuat ruangan lebih terang dan cerah, memberikan kesan lapang, serta menghemat listrik. 

Karena itu, penting mendapatkan cahaya alami di rumah. Dilansir dari House Beautiful, Rabu (29/3/2023), berikut sejumlah cara meningkatkan cahaya alami di rumah.

Baca juga: Studi Ungkap Pencahayaan Alami Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Pilih warna terang

Ilustrasi ruang tamu dengan TV yang dipadukan dengan aksen warna monokrom. SHUTTERSTOCK/JODIE JOHNSON Ilustrasi ruang tamu dengan TV yang dipadukan dengan aksen warna monokrom.
Hadirkan warna-warna lebih terang pada dinding. Warna putih membuat ruangan terasa lebih terang karena mampu memantulkan cahaya alami yang masuk ke ruangan, bukan menyerapnya.

Namun, Chris Harvey, ahli interior dari Stelrad, menyarankan menghindari cat putih cemerlang pada dinding karena dapat membuat ruangan terasa dingin. Sebagai gantinya, gunakan warna putih pucat guna memberikan efek lebih hangat. 

Farah Arshad, Head of Design di Dusk, mengatakan mencoba warna-warna halus yang mempertahankan kesan ruang. Anda dapat memilih cat yang mengilap daripada cat matte.

Kilau cat mengkilap membantu menyebarkan cahaya untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Trik lainnya, mengecat plafon dengan warna lebih terang dari dinding untuk menciptakan kesan lapang.

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruangan yang Kekurangan Pencahayaan Alami

Pilih lantai yang tepat

Lantai juga dapat dijadikan reflektor yang ramah cahaya dengan memilih lantai kayu, laminasi, keramik, atau batu dengan sentuhan akhir yang dipoles.

Hal ini akan memantulkan lebih banyak cahaya daripada karpet. Jika lebih memilih karpet, pilihlah warna-warna yang terang dan netral.

Baca juga: 5 Jenis Lantai Batu Alam untuk Rumah

Hias dengan cermin dan aksesori reflektif

Ilustrasi cermin besar di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cermin besar di ruang tamu.
Aksesori metalik, kaca, dan cermin dapat membantu memaksimalkan cahaya yang tersedia dan menambahkan sentuhan gaya di seluruh rumah.

Dengan memantulkan cahaya, rumah akan terasa lebih terang dan luas. Cermin yang diposisikan dengan tepat akan memantulkan cahaya secara alami. Cara ini efektif  menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

Farah Arshad menyarankan menempatkan cermin tepat di seberang jendela untuk memantulkan lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan, terutama jika Anda memiliki ruang kecil.

Baca juga: 4 Cara Menempatkan Cermin di Ruangan agar Memperoleh Cahaya Alami

Jangan abaikan eksterior

Jika cahaya matahari terhalang di luar rumah, hal ini akan menyulitkan upaya untuk memaksimalkan pencahayaan alami dari dalam rumah.

Chris Harvey menyarankan pemilik rumah memangkas pohon, semak-semak, atau tanaman merambat yang tumbuh di sekitar pintu dan jendela yang mungkin menghalangi cahaya.

"Saat Anda berada di luar, ada baiknya juga membersihkan jendela secara menyeluruh untuk memastikan sebanyak mungkin cahaya yang masuk ke rumah," kata Chris.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Tampilan Eksterior Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com