Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 4 Cara Meningkatkan Cahaya Alami di Dapur

Kompas.com - 15/05/2022, 10:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur yang mendapat banyak cahaya alami adalah hal yang diinginkan banyak pemilik rumah.

Memaksimalkan cahaya matahari membuat dapur terasa lebih besar, cerah, ramah, serta membuat pilihan palet warna lebih hidup. 

Baca juga: 6 Perawatan yang Dapat Membuat Peralatan Dapur Tahan Lama

Terlepas dari melakukan perombakan total yang menelan biaya mahal, ada beberapa trik desain cerdas yang dapat meningkatkan cahaya alami di dapur.

Dikutip dari Country Living, Minggu (15/5/2022), Tom Howley, Direktur Desain dari Tom Howley—uperusahaan inteior dapur asal Inggris—membagikan cara meningkatkan cahaya alami di dapur seperti berikut ini. 

Baca juga: 9 Tips Mengatur Dapur Menurut Feng Shui untuk Memperoleh Kemakmuran

Gunakan lemari kaca

Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur. PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur.
Tom mengatakan kaca adalah pelapis sempurna untuk dapur. Lemari kaca tidak hanya menghilangkan kesan monoton pintu padat, tetapi dapat memaksimalkan aliran cahaya ke sudut yang lebih gelap. 

Memiliki lemari kaca sama baiknya dengan rak terbuka dalam hal memajang potongan berharga Anda.

Lemari kaca di dapur juga membantu mengakses kebutuhan sehari-hari dengan mudah serta melihat apa yang dimiliki dan di mana Anda meletakkan sesuatu. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lantai Dapur

Permukaan meja yang dapat berkilau 

Meja dapur memakan banyak ruang, jadi jangan sia-siakan kesempatan memperkenalkan hasil akhir yang memantulkan cahaya. Meja dapur dengan material marmer putih cerah adalah pilihan paling baik.

“Ada banyak cara cerdas membuat dapur terasa luas. Untuk menjaga kesan terbuka, pilih warna cat terang dan bahan reflektif seperti splashback cermin," kata Tom.

Hasil akhir logam akan memiliki efek sama, jadi pilihlah warna perak untuk peralatan yang lebih besar. Ini akan bekerja dengan baik jika Anda memiliki kulkas pintu ganda dengan ketinggian penuh. 

Baca juga: Kenali, 5 Tanda Pisau Dapur Harus Segera Diganti

Pilih warna netral 

Ilustrasi dapur modernShutterstock/JR-stock Ilustrasi dapur modern
Hasil akhir kayu yang lebih terang dan warna cat bekerja dengan baik untuk memperluas ruangan di dapur. Padukan warna cerah dengan meja berwarna sangat terang sehingga membuat dapur terlihat luas serta lapang.

Warna lembut putih hangat dan krem juga dapat bekerja baik di dapur jika diaplikasikan sendiri di satu sisi atau seluruhnya, tetapi lebih baik bila digunakan dalam skema dua nada.

Jika menggunakan warna lebih terang untuk meningkatkan ruangan, cobalah mengecat dinding dengan warna yang sama. Ini akan memfokuskan mata ke seluruh area sehingga membuatnya terasa lebih besar serta terang. 

Baca juga: 5 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Dapur Atas

Pilih bahan memantulkan cahaya pada dinding

Warna gelap menyerap cahaya dan aturan yang sama berlaku untuk lantai. Ubin berwarna putih cerah tampak terlalu klinis di dapur, sedangkan ubin batu krem yang dipoles atau veneer kayu berwarna abu-abu muda memiliki efek yang sama untuk memantulkan cahaya kembali ke ruangan.

Bisa pula menggunakan lantai laminasi untuk memudahkan perawatan bila lantai kotor atau mengalami tumpahan bahan makanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com