Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Tampilan Eksterior Rumah

Kompas.com - 19/01/2023, 17:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Eksterior rumah adalah tampilan pertama yang dilihat orang tentang rumah Anda. Tak heran, eksterior rumah sering kali mendapat suntikan dekorasi lebih dibanding area lainnya di rumah.

Pasalnya, eksterior rumah yang cantik dan terawat tak hanya membuat hunian terlihat menarik, tapi juga menciptakan kesan positif pada hunian serta menarik perhatian siapa pun. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Cat Eksterior Rumah

Bahkan eskterior rumah yang menarik bisa meningkatkan nilai jual rumah ketika berencana menjualnya. 

Meningkatkan tampilan eksterior rumah bukanlah hal sulit. Dikutip dari Roohome, Kamis (19/1/2023), berikut cara meningkatkan tampilan eksterior rumah.

Tambahkan patio 

Ilustrasi patio berlantai beton.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi patio berlantai beton.
Menambahkan patio adalah salah satu cara meningkatkan tampilan eksterior rumah. Anda dapat mempertimbangkan menghubungi tukang paving porselen. 

Meletakkan beberapa batu porselen adalah langkah pertama menuju pembuatan patio yang menakjubkan. Ini akan menjadi sorotan di halaman belakang rumah saat selesai.

Setelah batu-batu itu ada, pertimbangkan memasang furnitur apa yang diletakkan di patio. Misalnya, memilih meja dan kursi untuk mengakomodasi makanan di luar ruangan saat cuaca bagus.

Bisa pula memasang pemanggang untuk memasak di luar ruangan. Anda bahkan dapat memilih bar basah luar ruangan jika ingin meracik koktail untuk dinikmati sebelum makan malam. 

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat Terbaik untuk Eksterior Rumah

 

Pelindung talang air baru

Selain itu, pertimbangkan memasang talang air baru jika talang air yang dimiliki sudah tua dan rusak. Talang air biasanya memiliki masa pakai sekitar dua dekade, tapi ada yang bertahan lama dan lebih pendek, tergantung pada keausan talang air. 

Talang air harus berfungsi pada tingkat tertinggi jika menginginkan drainase yang baik di atap setiap kali hujan deras.

Namun, dapat juga memilih mempertimbangkan pelindung talang air yang akan mencegah daun, ranting, dan puing-puing lainnya menyumbat talang air. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Cat Dinding Eksterior Rumah Tahan Lama

Apakah Anda memerlukan pelindung talang air atau tidak, tergantung pada apakah rumah  dekat dengan pohon besar yang menggantung di atap.

Jika tidak ada pohon yang menggantung di atas rumah, artinya tidak memerlukan pelindung ini.

Namun, jika memiliki beberapa pohon besar di atas rumah, Anda membutuhkan pelindung ini guna mencegah daun-daun dari selokan di akhir musim gugur ketika jatuh dari pohon. 

Baca juga: 4 Kombinasi Warna Cat untuk Eksterior Rumah Kecil

Beberapa kotak bunga

Bunga dapat menambahkan percikan warna dan mempercantik eksterior rumah. Anda bisa menambahkan beberapa hamparan bunga atau memasang kotak jendela dengan bunga jika memiliki tipe rumah yang bisa menampungnya.

Halaman:
Sumber Roohome
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com