Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menciptkan Ruang Kerja yang Lebih Produktif Menurut Feng Shui

Kompas.com - 29/03/2023, 12:14 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui merupakan ilmu yang mempelajari aliran dan pergerakan energi di dalam sebuah ruang. Energi tersebut dapat diarahkan dengan memilih bahan, tata letak, dan elemen yang tepat.

Konsultan feng shui, Anjie Cho, mengatakan ruang kerja di rumah mewakili karier dan feng shui dapat membantu Anda menjadi lebih produktif serta menikmati pekerjaan. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Meja Kerja yang Bisa Berikan Aura Positif

Ia menambahkan, dengan menggunakan aturan-aturan ini, ruang kerja dapat menjadi sebagai pintu menuju peluang yang lebih besar dan baik.

Dilansir dari Livingetc, Rabu (29/3/2023), berikut cara menciptakan ruang kerja di rumah yang lebih produktif menurut feng shui.

Miliki meja dan kursi khusus untuk ruang kerja

Ilustrasi ruang kerja minimalis di rumah. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang kerja minimalis di rumah.
Tugas pertama adalah menentukan meja dan kursi yang digunakan khusus untuk bekerja. Dalam banyak kasus, orang cenderung menggunakan meja makan, bahkan tempat tidur untuk bekerja.

Menurut feng shui, hal itu bisa menjadi penghalang aliran energi. "Jika Anda tidak memiilki ruang untuk meja kerja khusus, setidaknya buatlah area terpisah untuk bekerja," kata Anjie Cho.

Ia menambahkan, Anda harus memiliki lokasi yang stabil dan mantap untuk bekerja karena hal ini secara langsung mempengaruhi kestabilan pekerjaan. 

Baca juga: Meja Kerja di Kamar Tidur Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Ini Sebabnya

Menurutnya, meja kerja yang terbuat dari kayu adalah material terbaik. Hindari memilih meja kerja yang ringan, miring, bahkan kaca karena dianggap tidak stabil menurut feng shui.

Karen Rauch Carter, ahli feng shui dan perancang gaya hidup sehat, menambahkan, jika menginginkan lebih banyak klien atau kesempatan kerja lebih besar, gunakan meja yang lebih besar.

"Selain itu, kursi kantor harus memiliki sandaran dan lengan dan semua perabot di ruangan harus terawat baik. Furnitur yang goyah akan membuat Anda tidak nyaman dan mengurangi kesempatan mengalir," ucap Carter.  

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan Saat Menata Ruang Kerja di Rumah

Posisikan meja untuk mengundang peluang

Ilustrasi ruang kerja di rumah. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Menurut feng shui, jika ingin bekerja secara efektif dari rumah, pastikan meja menghadap  pintu. Pintu ruangan membuka peluang dan ide-ide segar dan duduk jauh dari garis aliran energi positif ini dapat merugikan.

"Aturan emas terbesar dalam feng shui adalah mengatur posisi meja kerja agar tidak membelakangi pintu masuk,"imbuh konsultan feng shui, Gary J. Hawkes. 

Menurutnya, bagian primitif pada pikiran selalu disibukkan dengan keamanan dari segala bentuk serangan.

Membelakangi pintu masuk atau lorong sangat mengganggu sehingga Anda tidak pernah benar-benar rileks, melainkan selalu stres dan lelah. Hal ini juga dapat menguras qi atau energi.

"Pastikan meja tidak sejajar langsung dengan pintu, tapi diagonal. Anda harus mudah melihat siapa saja yang masuk ke ruangan," kata Karen.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini Posisi Meja Kerja Terbaik agar Lancar Rejeki

Halaman:
Sumber Livingetc
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com