Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 7 Kesalahan Membersihkan Kitchen Set yang Harus Dihindari

Kompas.com - 13/06/2023, 22:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur yang bersih tidak hanya membuat kegiatan memasak dan menyiapkan makanan lebih menyenangkan, namun juga menurunkan risiko penyebaran penyakit. Tidak hanya meja dapur dan bak cuci piring, lemari dapur atau kitchen set juga harus dibersihkan secara rutin.

Karena ini adalah ruang yang sering digunakan, penting untuk menghindari kesalahan umum yang dapat menyebabkan lingkungan dapur tidak sehat, terutama karena dapur dan kitchen set dapat menampung bakteri dengan jumlah tertinggi di rumah .

Dikutip dari House Digest, Selasa (13/6/2023), penelitian telah menunjukkan bahwa kitchen set alias lemari dapur sebenarnya adalah tempat berkumpulnya bakteri yang menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Sebelum Membuat Kitchen Set

Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXS Ilustrasi membersihkan dapur.

Berikut beberapa kesalahan membersihkan kitchen set yang harus dihindari untuk mewujudkan lingkungan dapur yang bersih dan bebas penyakit.

1. Menggunakan produk abrasif pada kitchen set yang dicat

Menggunakan produk pembersih tertentu pada kitchen set bisa menjadi solusi yang menggiurkan saat Anda ingin menghindari penggosokan yang berlebihan untuk menghilangkan noda dan kotoran.

Namun, produk yang terlalu abrasif dapat merusak lemari dapur secara serius, terutama jika dicat.

Produk seperti sabut gosok, sabut baja, dan peralatan lainnya dapat meninggalkan goresan pada cat atau bahkan merusak lapisan pernis dan lapisan atas.

Baca juga: 7 Warna Kitchen Set Ini Bisa Membuat Dapur Tampak Lebih Luas

Pilih kain mikrofiber, sabun cuci piring, dan air hangat untuk mengatasi noda membandel, atau batasi penggunaan pembersih abrasif hanya sesekali, berhati-hatilah agar tidak menggunakan terlalu banyak tekanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com