Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Ragam Perbedaan Pohon Kelapa dan Palem

Kompas.com - 04/05/2023, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon kelapa dan pohon palem memiliki tampilan yang sama. Tak heran, beberapa orang bingung membedakan keduanya.

Baik pohon kelapa maupun pohon palem merupakan dari keluarga Arecaceae. Keduanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis serta banyak ditemukan di daerah pesisir atau laut. 

Baca juga: 5 Pohon Palem yang Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan

Meski demikian, pohon kelapa dan pohon palem dapat ditanam di taman rumah, bahkan beberapa varietas tanaman palem bisa diletakkan di dalam ruangan sebagai dekorasi.

Tampilan pohon palem dapat langsung dikenali di lingkungan tropis mana pun mengingat batangnya yang ramping dan dedaunannya lebat.

Meski secara teknis pohon kelapa juga merupakan pohon palem, penting diingat bahwa tidak semua pohon palem yang Anda lihat memiliki kemampuan menghasilkan buah kelapa.

Nah, agar tak salah, berikut sejumlah perbedaan pohon kelapa dan palem dikutip dari Rhythm of the Home, Kamis (4/5/2023). 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Palem di Dalam Ruangan

Tentang pohon palem

Ilustrasi pohon palem. SHUTTERSTOCK/NATA-LUNATA Ilustrasi pohon palem.
Istilah "pohon palem" sebenarnya adalah istilah umum yang mengacu pada pohon apa pun yang merupakan bagian dari kelas pohon Palmaceae yang besar.

Kelas ini atas dari ratusan spesies dan famili pohon yang berbeda, yang semuanya dapat dianggap sebagai pohon palem.

Tanaman pohon palem tersebar di seluruh dunia dan paling mudah diidentifikasi dengan memeriksa bentuk karakteristik daunnya.

Perbedaan pohon kelapa dan palem yang pertama adalah soal daun. Pohon palem memiliki daun seperti kipas dengan struktur unik yang tumbuh ke luar. Tergantung pada spesiesnya, daunnya dapat mencapai panjang yang mengesankan, terkadang lebih dari 2,1-2,4 meter.

Ada variasi yang besar dalam hal tampilan batangnya juga, mengingat beberapa pohon palem memiliki batang tebal dan relatif pendek, sementara yang lain memiliki batang tipis serta tinggi. 

Baca juga: Ini Lokasi Meletakkan Tanaman Palem Majesty di Rumah Menurut Feng Shui

Tentang pohon kelapa 

Meski ada banyak sekali jenis pohon palem di kelas Palmaceae, penting dicatat hanya ada satu spesies yang mampu menghasilkan buah kelapa.

Spesies ini disebut Cocos nucifera dan merupakan bagian keluarga pohon palem. Spesies ini menonjol karena menghasilkan kelapa, sementara spesies pohon palem lainnya hanya dapat menghasilkan minyak kelapa meski bentuknya mirip.

Dari satu jenis pohon kelapa yang menghasilkan kelapa ini, kita bisa mendapatkan dua kategori pohon kelapa berbeda, yaitu pohon kelapa tinggi dan kerdil.

Di antara dua kategori ini, Anda dapat menemukan beberapa varietas pohon kelapa yang ditemukan di berbagai lokasi. 

Baca juga: 5 Tanaman Pohon yang Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com