Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Ujung Daun Tanaman Laba-laba Kecoklatan

Kompas.com - 03/05/2023, 20:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujung daun berwarna kecoklatan pada tanaman laba-laba atau spider plant dapat merusak tampilan tanaman dan merusak suasana hati.

Selain itu, menandakan adalah masalah pada tanaman laba-laba. Ada sejumlah penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecokelatan.

Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms, membagikan sejumlah penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan disadur dari The Spruce, Rabu (3/5/2023). 

Baca juga: 4 Manfaat Merawat Tanaman Laba-laba di Rumah

 

Tanaman laba-laba terlalu kering

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris. SHUTTERSTOCK/BOZHENA MELNYK Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris.
Penyebab umum ujung daun tanaman laba-laba kecokelatan adalah kondisi tanaman yang sangat kering sehingga tidak dapat lagi menyerap jumlah air yang dibutuhkannya.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan menyiram tanaman laba-laba secara teratur. Sebaiknya, menyiram tanaman saat lima sentimeter bagian atas tanaman teras tanah kering.

"Seberapa sering hal itu tergantung pada sejumlah faktor, termasuk cahaya, suhu, kelembapan, jenis campuran pot, jumlah air yang digunakan dalam satu waktu," kata Hancock.

Meski yang terbaik adalah tidak menyiram berdasarkan kalender, biasanya cukup mudah membuat irama penyiraman seminggu sekali atau lebih dengan bereksperimen pada jumlah air yang diberikan sampai Anda menemukan jumlah tepat. 

Baca juga: Lokasi Meletakkan Tanaman Laba-laba di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Tanaman laba-laba terpapar angin

Selanjutnya, penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan karena tanaman terkena angin jika berada di dekat ventilasi udara atau jendela.

"Saat mendiagnosis (ujung daun berwarna coklat), saya biasanya memulai dengan memastikan tanaman tidak berada di dekat ventilasi atau sumber angin lainnya," ucap Hancock. 

Jika tanaman laba-laba berada di dekat sumber angin, pindahkan saja ke tempat yang tidak mendapat angin. Sayangnya, setelah ujung-ujungnya menjadi cokelat, tanaman laba-laba tidak akan pernah berubah menjadi hijau lagi.

Jika merasa terganggu dengan tampilan tersebut, jangan ragu mamangkasnya. Hal itu tidak akan menyakiti tanaman laba-laba sama sekali. 

Baca juga: Polutan Berbahaya yang Bisa Diserap oleh Tanaman Laba-laba, Apa Saja?

Tingkat kelembapan rendah

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris. SHUTTERSTOCK/TYNZA Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant atau lili paris.
Jika kelembapan di sekitar tanaman tidak cukup, ini bisa menjadi penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan.

Cara terbaik mengatasinya adalah menyiram tanaman laba-laba secara teratur, menggunakan pelembab udara, atau meletakkannya di atas nampan kerikil.

Anda bahkan bisa mencoba menyimpan tanaman di ruangan yang secara alami lebih lembap, seperti kamar mandi atau dapur. 

Baca juga: Simak, Manfaat Meletakkan Tanaman Laba-laba di Meja Kerja

Terlalu banyak memupuk tanaman

Pemupukan berlebihan juga bisa menjadi penyebab ujung daun tanaman laba-laba kecoklatan. Maka itu, hentikan pemupukan untuk sementara waktu.

Hancock mengatakan Anda dapat membuang kelebihan pupuk dengan menyiram tanah tanaman dengan air mengalir guna mengeluarkan semua garam nutrisi yang berlebih.

Jika akan memupuk tanaman laba-laba, pastikan tahu cara menggunakan pupuk dengan benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com