Kompas.com - 27/06/2022, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman laba-laba atau spider plant (Chlorophytum comosum) adalah salah satu tanaman hias yang mudah dirawat.

Selain itu, tanaman laba-laba juga cocok dijadikan dekorasi rumah, baik digantung maupun diletakkan di teras atau di dalam ruangan.

Meskipun demikian, manfaat tanaman laba-laba tidak sebatas sebagai tanaman hias yang memeriahkan rumah. Tanaman ini adalah salah satu tanaman pembersih udara, serta mampu menghilangkan sejumlah polutan berbahaya.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Hewan Peliharaan, Apa Saja?

 

Ilustrasi tanaman hias spider plant atau tanaman laba-laba. PEXELS/MATHIAS P. R. REDING Ilustrasi tanaman hias spider plant atau tanaman laba-laba.

Nah, apa saja polutan berbahaya yang dapat dihilangkan oleh tanaman laba-laba? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (27/6/2022).

Tanaman laba-laba adalah bagian dari NASA Clean Air Study.

Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa tanaman laba-laba paling efektif dalam menghilangkan karbon monoksida, formaldehida, xilena, dan toluena.

Fungsi tanaman laba-laba terkait menghilangkan polutan tersebut lebih baik daripada banyak tanaman dalam ruangan yang diuji dalam percobaan itu. Tanaman laba-laba juga diyakini menghilangkan lebih dari 95 persen zat beracun dari udara.

Baca juga: Manfaat Hidrogen Peroksida untuk Tanaman Hias dan Cara Menggunakannya

1. Karbon monoksida

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa yang tidak menyebabkan iritasi. Pembakaran tidak sempurna bahan bakar berkarbon seperti kayu, bensin, batu bara, gas alam, dan minyak tanah menghasilkan karbon monoksida.

Di kawasan perkotaan, sumber utama polutan ini adalah gas buang kendaraan bermotor. Kompor gas, lemari es, asap tembakau, tungku pembakaran kayu, perapian, dan pembakar bahan bakar fosil lainnya meningkatkan kadar karbon monoksida di dalam ruangan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.