Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Meletakkan Tanaman Laba-laba di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Kompas.com - 05/08/2022, 10:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum) atau spider plant adalah salah satu tanaman hias paling populer dan banyak dirawat pencinta tanaman. 

Tanaman laba-laba merupakan tanaman keras tropis yang selalu hijau dari keluarga asparagus (Asparagaceae). Awalnya, tanaman hias ini berasal dari Afrika, tapi telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Baca juga: Area Terbaik Meletakkan Lidah Mertua di Rumah Menurut Feng Shui

Tanaman laba-laba memiliki dedaunan berbentuk pedang yang panjang dan terkulai serta penampilan lebat. Daun ini terus tumbuh menjalar sehingga membuat tanaman laba-laba biasa digunakan sebagai tanaman gantung.

Banyak varietas tanaman laba-laba memiliki beberapa bentuk variegasi, menciptakan kombinasi warna hijau dan putih yang mencolok.

Tanaman laba-laba terkenal karena kemampuannya memurnikan udara. Menurut NASA’s Clean Air Study, tanaman laba-laba sangat bagus untuk menghilangkan bahan kimia beracun, seperti formaldehida dan xilena, dari rumah.

Selain itu, tanaman laba-laba dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. 

Baca juga: Polutan Berbahaya yang Bisa Diserap oleh Tanaman Laba-laba, Apa Saja?

Tanaman laba-laba dan feng shui

Ilustrasi tanaman hias spider plant atau tanaman laba-laba. PEXELS/MATHIAS P. R. REDING Ilustrasi tanaman hias spider plant atau tanaman laba-laba.
Dilansir dari Petal Republic, Jumat (5/8/2022), tanaman laba-laba memiliki ikatan kuat dengan feng shui dan membawa beberapa manfaat ke rumah jika diletakkan pada area tepat.

Berkat kekuatan pemurniannya, tanaman laba-laba dianggap dapat menghilangkan energi negatif sambil menambahkan energi positif. 

Selain membersihkan udara, tanaman laba-laba bisa membersihkan arus energi yang mengalir di sekitar rumah. Tanaman laba-laba danterkait dengan elemen kayu dalam feng shui. Kayu mewakili kasih sayang, pertumbuhan, kebaikan, orisinalitas, juga peremajaan. 

Baca juga: Simak, Manfaat Meletakkan Tanaman Laba-laba di Meja Kerja

Menambahkan tanaman laba-laba ke rumah dapat membantu meningkatkan elemen kayu dan menciptakan hubungan baik dengan alam.

Beberapa ahli feng shui juga menganggap tanaman laba-laba sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. 

Warna juga memiliki kekuatan dalam feng shui. Sama dengan tanaman hias lainnya, tanaman laba-laba didominasi hijau.

Dalam feng shui, hijau mewakili pertumbuhan, energi penyembuhan, dan regenerasi. Selain itu, daun panjang seperti pedang pada tanaman laba-laba dianggap mewakili stabilitas dalam hidup. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Spider Plant, Tak Perlu Perhatian Khusus

Area meletakkan tanaman laba-laba di rumah 

Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant. SHUTTERSTOCK/TYNZA Ilustrasi tanaman laba-laba atau spider plant.
Lokasi meletakkan tanaman laba-laba di rumah adalah posisi timur atau tenggara. Kedua area ini terkait dengan elemen kayu, yang diasosiasikan dengan tanaman hias.

Daerah timur atau tenggara juga menyediakan tanaman laba-laba dengan tingkat cahaya yang ideal. Tanaman laba-laba menyerap energi negatif di ruang yang tidak terpakai seperti rak kosong. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com