Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman laba-laba atau spider plant menjadi salah satu tanaman hia terbaik untuk dibawa dan dirawat di rumah. Tanaman laba-laba mudah tumbuh dan sangat cocok untuk rumah yang terang.

Terlebih lagi, dedaunannya yang menjuntai menjadikannya bukan hanya salah satu tanaman terbaik untuk keranjang gantung, melainkan juga salah satu tanaman paling Instagramable di dunia. 

Baca juga: Lokasi Meletakkan Tanaman Laba-laba di Rumah Berdasarkan Feng Shui

Megan Cain, salah satu  pendiri The ZEN Succule, menjelaskan tanaman laba-laba adalah tanaman dalam ruangan yang indah dan lapang dengan daun berwarna hijau dan beberapa di antaranya beraneka ragam. 

"Ini adalah tanaman pokok bagi para pencinta tanaman hijau dan pemula karena perawatannya yang mudah dan sifatnya yang ramah terhadap hewan peliharaan, yang dapat bertahan dalam berbagai situasi," ucapnya.  

Selain menjadi dekorasi ruangan, tanaman yang tumbuh cepat ini memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (12/3/2023), berikut sejumlah manfaat merawat tanaman laba-laba di rumah.  

Baca juga: Polutan Berbahaya yang Bisa Diserap oleh Tanaman Laba-laba, Apa Saja?

Membantu memurnikan udara

Ilustrasi tanaman lili paris atau tanaman laba-laba. SHUTTERSTOCK/BOZHENA MELNYK Ilustrasi tanaman lili paris atau tanaman laba-laba.
Manfaat tanaman laba-laba di dalam ruangan yang paling penting adalah kemampuannya menyaring dan memurnikan udara di rumah.

"Tanaman yang tidak beracun ini juga sempurna untuk menyaring racun dari udara seperti formaldehida, toluena, dan xilena," kata Megan.

Tanaman laba-laba sebenarnya adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling baik untuk membersihkan udara menurut ilmu pengetahuan.

Dalam Clean Air Study NASA pada 1989, tanaman laba-laba mengungguli tanaman lain dalam percobaan tersebut.

Manfaat tanaman laba-laba ini terbukti menghilangkan sekitar 95 persen racun dari udara di sekitarnya dalam waktu 24 jam.

Sifat-sifat pemurnian ini juga berarti bahwa tanaman laba-laba sangat ideal untuk penderita alergi, terutama saat kita memasuki bulan-bulan musim panas.

Tanaman laba-laba dapat membantu menghilangkan beberapa iritasi udara terkecil seperti tungau debu, serbuk sari, dan spora jamur. 

Baca juga: Simak, Manfaat Meletakkan Tanaman Laba-laba di Meja Kerja

Meningkatkan kelembapan dalam ruangan

Tanaman laba-laba dapat meningkatkan kelembapan di rumah dan merupakan alternatif alami yang bagus untuk melembapkan udara.

Sementara kelembapan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah di sekitar rumah,  udara yang terlalu kering dapat memperburuk berbagai masalah kesehatan seperti kondisi pernapasan, masalah kulit, juga sakit tenggorokan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com