Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagar tidak hanya melindungi rumah atau properti, tapi juga melengkapi tampilan eksterior dan meningkatkan nilai rumah.

Namun, memasang pagar di rumah bisa membutuhkan biaya besar. Daripada menghabiskan banyak uang membangun pagar yang penuh gaya, Anda bisa memanfaatkan tanaman untuk membuat pagar yang mengelilingi properti menjadi lebih menarik. 

Baca juga: Warna Terbaik untuk Pagar Rumah agar Taman Terlihat Lebih Luas

Ini adalah ide bagus untuk banyak pemilik rumah, yang juga penggemar berkebun. Menutupi pagar yang kosong atau tidak sedap dipandang mata sangat mudah jika memilih jenis tanaman yang tepat.

Perlu diingat, tidak semua tanaman dapat tumbuh baik di pagar. Dilansir dari Rhythm of the Home, Minggu (12/3/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang dapat tumbuh di pagar rumah.

Hydrangea

Ilustrasi bunga hydrangea.PIXABAY/HELGA KATTINGER Ilustrasi bunga hydrangea.
Tampilan bunga hydrangea atau hortensia yang sedang mekar penuh benar-benar dapat mengubah tampilan pagar apa pun. Beberapa varietas hydrangea sangat cocok untuk memanjat pagar.

Varietas yang lain membutuhkan sedikit lebih banyak pelatihan dan dukungan ekstra untuk membantunya berkembang.

Tanaman hydrangea menyediakan beberapa kelompok bunga yang mekar seperti awan dalam berbagai warna menarik, seperti ungu, biru, putih, dan pink

 

Menanam hydrangea tidak terlalu sulit, tapi Anda harus mengingat pentingnya tanah yang lembap. Bunga tidak akan bisa berkembang seperti yang diharapkan jika membiarkan tanah mengering.

Beberapa pupuk atau makanan tanaman dapat membantu meningkatkan kualitas tanah untuk memastikan tanaman hydrangea tumbuh subur. 

Baca juga: Beton Vs Batu Bata, Mana yang Lebih Baik untuk Pagar Balkon?

Honeysuckle

Selanjutnya, tanaman hias yang dapat tumbuh di pagar rumah adalah honeysuckle. Dengan bunga berbentuk tabung dan aroma manis yang khas, honeysuckle merupakan pilihan tepat untuk menghiasi pagar rumah.

Batang ramping tanaman ini mudah memanjat pagar jika ada penyangga yang memadai. Honeysuckle adalah tanaman pemanjat yang memamerkan bunga-bunga indah dan buah beri berkilau dari musim panas hingga musim gugur.

Ini adalah jenis tanaman yang membawa daya tarik visual luar biasa ke halaman rumah. Menanam honeysuckle tidak membutuhkan banyak usaha, tapi menemukan banyak masalah seperti batang yang berbunga dapat membanjiri pagar dan tumbuh di luar kendali.

Pemangkasan diperlukan untuk menjaga honeysuckle tetap rapi. Dalam hal ketahanan lingkungan, honeysuckle memiliki toleransi panas yang tinggi. 

Baca juga: 5 Manfaat Mengecat Pagar Besi, Tak Sekadar Beri Warna dan Estetika

Mawar panjat

Ilustrasi bunga mawar jenis double delight.Shutterstock/Leon-Photo Ilustrasi bunga mawar jenis double delight.
Varietas mawar panjat bisa menjadi tanaman Tanaman ini sangat ideal untuk memberikan kesan dramatis dan pesona perdesaan pada halaman.

Mawar panjat adalah tanaman cukup kuat yang dapat mekar pada musim musim panas, tergantung pada varietas yang dipilih. Mawar panjat memamerkan tampilan indah dengan mekar melimpah dan aroma harum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com