Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Dapat Mencegah Jamur di Kamar Mandi

Kompas.com - 16/04/2023, 20:45 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias memiliki beragam manfaat untuk rumah, antara lain memperindah hunian, menyegarkan ruangan, juga membantu menyerap kelembapan udara. 

Chris Bonnett dari GardeningExpress.co.uk mengatakan kelembapan berlebih di rumah bisa menyebabkan jamur. Kamar mandi memiliki risiko lebih tinggi terhadap kelembapan. 

Baca juga: 7 Tanaman yang Ampuh Menyerap Kelembapan di Kamar Mandi

Untungnya, menggunakan tanaman dapat membantu mencegah jamur serta mengontrol kelembapan di kamar mandi. 

Dilansir dari House Beautiful, Minggu (16/4/2023), berikut tanaman hias yang dapat menyerap kelembapan dan mencegah jamur di kamar mandi.

English ivy

Ilustrasi tanaman English Ivy, yang merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah. SHUTTERSTOCK/ARTBACKGROUND Ilustrasi tanaman English Ivy, yang merupakan salah satu tanaman pembersih udara di rumah.
English ivy merupakan pilihan tepat untuk kamar mandi berukuran kecil. Tanaman ini tumbuh paling baik di tempat terang, cahaya tidak langsung, dan perlu disiram secara teratur.

Chris mengingatkan untuk menjauhkan tanaman ini dari hewan peliharaan karena daunnya yang beracun. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat

Peace lily

Peace lily adalah tanaman hias yang dapat mencegah pertumbuhan jamur. Tanaman ini dapat mudah menyerap spora jamur di kamar mandi.

Namun, perlu menjauhkan tanaman dari hewan peliharaan karena daunnya yang berbahaya jika tertelan.

Palem

Chirs mengatakan, palem adalah pilihan tepat untuk membantu mengendalikan kelembapan dan mencegah jamur dengan menyerap kelembapan melalui daun-daunnya.

"Varietas yang perlu dipertimbangkan, termasuk areca palm, bamboo palm, the lady palm, dwarf date palm, dan reed palm," katanya. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Indoor Terbaik untuk Ruang Tamu, Apa Saja?

Pakis Boston 

Ilustrasi tanaman hias pakis Boston. SHUTTERSTOCK/JADEZMITH Ilustrasi tanaman hias pakis Boston.
Boston fern atau pakis Boston menyukai suasana lembap, menjadikanya pilihan tepat untuk kamar mandi. Pastikan tanaman mendapatkan banyak sinar matahari dan air yang cukup untuk terus tumbuh.

Lidah mertua

Snake plant atau lidah mertua adalah tanaman yang kuat, mudah beradaptasi dan dapat menyerap kelembapan dari udara. Snake plant sangat efisien di ruangan yang hangat dan basah seperti kamar mandi. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Terbaik untuk Taman Miniatur

Anggrek

Anggrek sarat dengan manfaat. Tidak hanya sebagai tanaman hias yang indah, mereka juga membantu meningkatkan kualitas udara dan mengurangi kelembapan di sekitar Anda.

Spider plant

Tanaman lain yang dapat menyerap kelembapan adalah spider plant. "Ini adalah tanaman dalam ruangan yang populer dan sangat bagus untuk menghilangkan polutan berbahaya di dalam rumah," kata Chris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com