Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Meningkatkan Cahaya Alami di Dalam Rumah

Kompas.com - 16/04/2023, 14:53 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Angi

JAKARTA, KOMPAS.com -Pencahayaan merupakan salah satu hal penting saat mendekorasi rumah. Selain menerangi rumah dengan lampu, penting mempertimbangkan sinar matahari atau cahaya alami.

Cahaya alami yang cukup tentunya akan membuat penggunaan lampu lebih hemat. Namun, jika cahaya alami di rumah terasa belum maksimal, ada beberapa cara meningkatkan cahaya alami di dalam rumah yang bisa dicoba seperi dilansir dari Angi, Minggu (16/4/2023). 

Baca juga: Ini Warna Cat yang Dapat Memaksimalkan Cahaya Alami di Dapur

Bahan reflektif 

Ilustrasi ruang keluarga.Unsplash/spacejoy Ilustrasi ruang keluarga.
Salah satu cara termudah mencerahkan ruangan dengan cahaya alami adalah memantulkan cahaya. Isi ruangan dengan benda-benda reflektif dan menggantungkan cermin di dinding seberang jendela utama.

Jangan abaikan sentuhan reflektif kecil yang memantulkan cahaya ke sekeliling ruangan seperti bingkai foro perak atau emas, lampu gantung metalik, dan furnitur seperti meja kopi dan meja samping.

Baca juga: 4 Cara Menempatkan Cermin di Ruangan agar Memperoleh Cahaya Alami

Cuci jendela

Cuci jendela untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke ruangan. Pertimbangkan meminta bantuan profesional jika Anda memerlukan tangga atau pembersih khusus untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau.

Atur ulang furnitur

Furnitur yang gelap dan besar dapat menghalangi cahaya alami jika diletakkan terlalu dekat dengan jendela. Jika memiliki sofa yang membelakangi satu-satunya sumber cahaya alami, pertimbangkan memindahkan sofa tersebut untuk mendapatkan cahaya alami secara maksimal.

Baca juga: 6 Ide untuk Menghasilkan Lebih Banyak Cahaya Alami di Rumah

Elemen dapur

Ilustrasi ruang keluarga dengan jendela besar.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi ruang keluarga dengan jendela besar.
Jika dapur sangat minim jendela, pertimbangkan beberapa perubahan untuk memantulkan cahaya. Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan backsplash kaca, memilih bahan putih dan reflektif pada meja, serta lemari dapur.

Pertimbangkan menggunakan bahan marmer putih, granit, atau kuarsa. Peralatan stainless steel Anda juga berperan mencerahkan dapur gelap.

Penutup jendela yang tepat

Pilih penutup jendela yang tepat. Tirai tebal dapat menghalangi cahaya alami. Tirai tipis adalah pilihan  bagus untuk mendapatkan pencahayaan alami sebanyak mungkin dalam ruangan.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tirai Terbaik untuk Rumah dan Cara Memasangnya

Tambahkan lebih banyak jendela

Menambahkan jendela akan lebih mahal dibandingkan l cara-cara lain di atas. Namun, hal ini pasti akan membuat lebih banyak cahaya masuk. Pertimbangkan pula menambahkan skylight untuk ruangan yang tidak memiliki ruang kosong di dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Angi
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com