Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman yang Ampuh Menyerap Kelembapan di Kamar Mandi

Kompas.com - 26/11/2021, 15:05 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Seberapa lembap di kamar mandi Anda setelah mandi? Jika jawaban Anda mendekati "sangat lembab" dan Anda ingin membeli dehumidifier listrik, maka, singkatnya: jangan!

Tanaman kamar mandi yang menyerap kelembapan sejauh ini merupakan pilihan alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Melansir dari Planters Etcetera pada Jumat (26/11/2021)) berikut ini 7 jenis tanaman yang ampuh menyerap kelembapan di kamar mandi.

Baca juga: 6 Jenis Pakis Hias Cantik yang Cocok Dikoleksi di Rumah

Pakis boston

Tanaman tropis yang indah dengan daun berenda, pakis Boston tumbuh subur di iklim lembab dan karenanya akan menyerap kelembapan kamar mandi Anda dengan mudah.

Letakkan di kamar mandi dengan sinar matahari tidak langsung karena daunnya bisa terbakar dengan sangat cepat. Sirami pakis Anda setiap bulan saat tanahnya kering.

Baca juga: Simak, Hama yang Sering Menyerang Tanaman Pakis Boston

Peace Lily

Ilustrasi peace lilyUnsplash/Bellava G Ilustrasi peace lily

Tanaman indah lainnya yang dapat menyerap kelemmbapan di kamar mandi ialah Peace Lily. Bunga berwarna putih dan hijau ini juga dapat menghilangkan racun di sekitarnya. Siram hanya saat tanah mengering, terutama saat daun tanaman mulai terkulai.

Simpan tanaman ini kamar mandi dengan cahaya rendah tetapi letakkan di samping jendela dengan sedikit sinar matahari dan itu akan memberi Anda bunga yang lebih rimbun.

Baca juga: Tips Merawat Bunga Peace Lily agar Tumbuh Subur dan Mekar

Lili Paris (Chlorophytum comosum) atau tanaman laba-laba

Daun yang melengkung dan menjuntai ke lantai, membuat Lili Paris (Chlorophytum comosum) menjadi salah satu tanaman kamar mandi yang indah dan cocok digantung di dalam ruangan.

Tanaman laba-laba juga merupakan salah satu tanaman yang paling mudah beradaptasi dan penghilang polusi udara dan kelembaban yang efisien.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Spider Plant, Tak Perlu Perhatian Khusus

Begonia

Genus tanamn ini memiliki 1.800 spesies. Begonia lebih cocok hidup dalam media pot serta di kamar mandi yang kedap udara dan lembab.

Berasal dari iklim tropis yang lembab, sebagian besar kultivar akan membersihkan kamar mandi Anda dari udara lembab dan menghiasinya dengan sekelompok bunga harum yang berwarna-warni.

Pilih varietas berserat atau rimpang dan paparkan begonia Anda ke sinar matahari di pagi hari. Jauhkan mereka dari hewan peliharaan Anda karena akarnya diketahui sangat beracun.

Baca juga: Mengenal Begonia Polkadot, Tanaman Hias dengan Motif Daun Unik

Lidah mertua

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria Pagoda.SHUTTERSTOCK/CHAVANILLA Ilustrasi tanaman hias lidah mertua atau Sansevieria Pagoda.

Tanaman lidah mertua ini sangat menawan dan merupakan salah satu tanaman terbaik yang dapat disimpan di kamar mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com