Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Keramik yang Tepat untuk Rumah

Kompas.com - 26/11/2021, 12:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keramik merupakan salah satu material bangunan yang berfungsi u melapisi permukaan lantai dan dinding agar terlihat lebih menarik.

Saat ini, ada begitu banyak merek, jenis, hingga motif dari keramik sehingga bisa membuat bingung saat memilihnya. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa membantu memlih keramik yang tepat. 

Dikutip dari akun Instagram @mitraruma_official, Jumat (26/11/2021), berikut lima tips memilih keramik yang tepat untuk rumah.  

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Tahan Lama

Memperhatikan material keramik

Secara garis besar, terdapat dua jenis material keramik, yakni keramik berglazur dan ubin porselen atau homogenous tile.

Keramik berglazur adalah jenis keramik yang dibuat menggunakan teknik pencampuran tanah liat dengan kaolin. Sedangkan, ubin porselen merupakan keramik campuran dari feldspar, pasir kuarsa, dan tanah liat.

Untuk memilihnya, memperhatikan terlebih dulu kualitasnya, mempertimbangkan berat keramik, mengusapnya, dan menguji antigores. Dengan begitu, kamu tidak akan salah memilih keramik untuk melapisi beberapa permukaan di rumah.  

Baca juga: 4 Cara Membuat Lantai Keramik Berkilau Tanpa Pengilap

Memilih warna yang sesuai

Ilustrasi keramik putihUnsplash/Mitchell Luo Ilustrasi keramik putih
Selanjutnya, adalah memilih warna keramik. Usahakan untuk terlebih dahulu mempertimbangkan bentuk dan konsep yang akan dipakai sehingga dapat memperoleh hasil yang tidak bertabrakan dengan nuansa interior ruangan.

Sebagai contoh, apabila menginginkan konsep ruangan dengan gaya elegan dan klasik, keramik berwarna menjadi pilihan yang cocok. 

Jika ingin ruangan terlihat lebih megah dan mewah, pilih keramik berwarna terang. 

Baca juga: Trik Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Berwarna Hitam dan Putih

Memilih ukuran yang sesuai

Apabila memiliki ruangan cukup luas, sebaiknya gunakan ukuran keramik yang besar. Begitu pun untuk ruangan kecil, pilih keramik kecil. 

Hal ini karena ukuran keramik memiliki peranan penting dalam menciptakan gambaran yang luas di rumah sehingga akan memberikan kenyamanan. 

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

Memilih motif keramik

Saat ini, model keramik telah banyak dan beragam motif. Untuk ruang tamu, pilih model keramik sederhana dengan warna polos.

Bisa pula memilih keramik dengan model batu marmer agar menambah nilai kemegahan ruangan dan membuat suasana terasa lebih natural.

Bila ingin ruangan terlihat glamor dan ceria, pilih motif keramik yang banyak corak dan warnanya. Selaraskan pula motif keramik yang diinginkan dengan tema ruangan agar tidak saling bertabrakan. 

Baca juga: 6 Keunggulan Menggunakan Peralatan Makan Keramik

Mempertimbangkan tekstur keramik

Hal yang tidak boleh terlewatkan dalam memilih keramik adalah menyesuaikan tempat atau ruangan dengan tekstur keramik yang akan dipasang.

Sebagai contoh, apabila mencari keramik untuk lantai kamar mandi, pilihlah keramik yang memiliki permukaan sedikit kasar agar dapat memberi pijakan yang kuat sehingga tidak mudah terpeleset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com