Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Plafon yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kompas.com - 28/11/2022, 08:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun warna plafon tidak sering diperhatikan banyak orang, namun di dunia tren desain interior pewarnaan dinding kelima ini memiliki daya tarik tersendiri. Kini, tak jarang juga orang yang menggunakan warna selain putih untuk plafon rumah.

Namun, jika Anda termasuk orang yang ingin memberikan sentuhan warna yang berbeda pada plafon, pemilihan warna harus diperhatikan karena ada beberapa warna yang dapat memberikan kesan sempit pada ruangan. 

Dilansir dari Living Etc, Senin (28/11/2022), selain ada warna plafon rumah yang harus dihindari, pemilihan hasil akhir cat juga dapat memberikan nuansa akhir yang berbeda, dan harus disesuaikan dengan ukuran, bentuk, serta jumlah cahaya yang didapat ruangan. 

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Plafon Rumah Berdasarkan Survei

Plafon rumah minimalis yang dicat berwarna putihShutterstock Plafon rumah minimalis yang dicat berwarna putih

Saat memilih warna plafon rumah, Anda harus mempertimbangkan dengan detail, sebab ini merupakan bentangan warna terbesar yang akan dimiliki di suatu ruang, sehingga akan berdampak besar pada bagaimana ruang itu akan terasa, jelas Ruth Mottershead, Direktur Kreatif Little Greene.

Berikut beberapa warna plafon rumah yang harus dihindari. 

1. Merah

Tash Bradley, pakar warna di Lick Paint, mengatakan, ketika Anda mengecat plafon rumah, itu bisa membuat ruangan terasa lebih tinggi, atau bisa membuat ruangan terasa jauh lebih kecil.

Jadi pikirkan tentang perasaan yang Anda inginkan dari ruangan itu, apakah Anda ingin membuatnya lebih nyaman atau Anda ingin membuatnya terasa lebih megah, ringan, dan lapang."

Baca juga: Tips Memilih Lampu Plafon di Kamar Tidur

Jika Anda bekerja dengan ruang yang lebih kecil dan jelas ingin menambah ketinggian, Anda harus menghindari apa pun dengan warna hangat seperti warna kuning, dan merah yang memiliki panjang gelombang terpendek, jadi mata Anda selalu tertarik pada warna-warna itu terlebih dahulu.

Jadi jika Anda mengecat langit-langit dengan warna merah, Anda akan selalu menurunkan ketinggian plafon. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com