Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Cat Terbaik untuk Plafon Rumah Berdasarkan Survei

Kompas.com - 04/11/2022, 14:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat yang tepat untuk rumah bisa menjadi tugas sulit. Namun, warna cat yang sempurna dapat menciptakan harmoni yang mulus dan tampilan menarik di seluruh ruangan, baik pada siang hari maupun malam hari.

Meski beberapa pemilik rumah cenderung lebih fokus pada empat dinding di sekitar mereka, warna langit-langit atau plafon bisa menjadi pengubah nuansa utama.

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Menimbulkan Kecemasan

Menurut ECOS Paints, mengecat plafon dapat membantu membuat desain terasa lengkap dan membuat ruangan terlihat lebih tinggi bila menggunakan warna tepat. 

Untuk membantu Anda memilih warna, House Digest melakukan survei menanyakan kepada peserta warna apa yang paling cocok untuk plafon dengan member enam pilihan,  yakni putih, coklat, abu-abu, kayu, hitam, dan biru.

Dari 606 responden, 70,46 persen atau 427 orang memilih putih sebagai warna cat yang mereka yakini paling baik untuk plafon. 

The Farmhouse Life menyatakan mengecat plafon dengan putih adalah taktik bagus. Putih adalah warna netral dan dapat menarik perhatian seseorang daripada lampu gantung atau karya seni. 

Baca juga: 3 Keuntungan Menggunakan Warna Cat Gelap di Kamar Tidur

Tren umum adalah mengecat dinding dan plafon dengan warna sama, tapi terkadang hal ini dapat menjadi bumerang dan membuat ruangan terasa lebih kecil.

Sebagai gantinya, disarankan menggunakan putih sebagai warna kontras untuk mencerahkan ruangan.

Ada beberapa nada putih yang bisa dipilih, jadi pastikan memilih warna yang akan melengkapi nada di ruangan.

Menurut Welsh Design Studio, putih dengan sedikit abu-abu bagus untuk nada dingin dan membantu melembutkan ruangan.

Sedangkan putih hangat lebih baik dicocokkan dengan berbagai pendingin dan memberi ruangan perasaan nyaman. 

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui 

Warna plafon lainnya

Ilustrasi ruang tamu dengan warna dinding abu-abu, ruang tamu dengan dinding tinggi. Shutterstock/mixphotos Ilustrasi ruang tamu dengan warna dinding abu-abu, ruang tamu dengan dinding tinggi.
Selain putih, abu-abu juga banyak dipilih untuk warna plafon. Abu-abu berada di urutan kedua dengan perolehan suara sebesar 9,08 persen atau 55 orang.

Warna plafon abu-abu dapat menciptakan lingkungan yang lebih nyaman. Untuk mencapai suasana menenangkan, Anda dapat mengecat dinding dan plafon dengan abu-abu. 

Ini akan terlihat lebih baik jika Anda memiliki jendela besar di ruang dengan trim putih kontras, yang akan menambah kecerahan yang sangat dibutuhkan pada ruang. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Harus Dihindari untuk Ruangan Kecil

Disarankan memilih abu-abu yang lebih gelap dari dinding untuk menekankan transisi dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Selanjutnya, ada warna kayu dengan 53 suara (8,75 persen), coklat 35 suara (5,78 persen), hitam 26 suara (4,29 persen), dan biru 10 suara (1,65 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com