Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2022, 13:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik kuda menyakini bahwa kuda peliharaan secara naluriah mencintai manusianya.

Selain itu, ikatan antara kuda dan penunggangnya bersifat langsung dan tak tergoyahkan. Ya, ada beberapa kuda yang tidak akan langsung menyerang orang, tapi tetap memerlukan sedikit usaha untuk melunakkan serta menurunkan pertahanan kuda. 

Baca juga: Seberapa Cepat Kuda Berlari? Ini Jarak Tempuhnya

Semua itu dapat berhasil bila melakukannya dengan cara tepat. Namun, jika mendekati dengan proses ikatan yang salah, dapat menyebabkan kuda benar-benar kehilangan kepercayaan pada Anda dan membuatnya mengamuk.

Lantas, bagaimana membangun hubungan dengan kuda peliharaan?

Dilansir dari Petkeen, Jumat (4/11/2022), berikut beberapa cara membangun ikatan dengan kuda peliharaan yang didukung oleh sains dan bukti konkret. 

Baca juga: Mirip Kuda, Ini 6 Ras Anjing Berwajah Panjang 

Pahami gaya komunikasi unik Anda

Ilustrasi kuda.PIXABAY/WolfBlur Ilustrasi kuda.
Manusia dan kuda berkomunikasi dengan cara yang benar-benar unik. Gaya komunikasi ini merupakan kombinasi dari sentuhan, hubungan emosional, serta pemahaman gerakan dan bahasa tubuh satu sama lain.

Itu tidak melibatkan meniru perilaku satu sama lain atau menggunakan ancaman fisik atau dominasi. Hal terbaik adalah lebih merupakan perpaduan dua kepribadian menjadi satu.

Jadi, jangan mencoba berkomunikasi dengan kuda peliharaan dengan cara sama dengan Anda berkomunikasi dengan anjing, kucing, bahkan manusia lain. Karena itu, cari tahu gaya komunikasi unik Anda dan mempertajamnya. 

Baca juga: 6 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Kuda 

Menghabiskan waktu bersama

Mengasah gaya komunikasi unik Anda mungkin terdengar bagus, tetapi bagaimana tepatnya melakukannya?

Anda perlu menghabiskan banyak waktu dengan kuda peliharaan. Dibutuhkan berjam-jam waktu berkualitas bersama kuda peliharaan untuk mulai saling memahami.

Masalahnya adalah semua kuda dan manusia memiliki gaya komunikasi unik. Anda tidak dapat secara otomatis berasumsi bahwa apa yang berhasil dengan satu kuda akan bekerja dengan yang lain.

Cukup berada di sekitar kuda, memberinya makan, merawat kuda, dan membelainya. Faktanya, semakin kuda melihat Anda penuh kasih dan perhatian tanpa mengharapkan tumpangan, semakin membuatnya akan mempercayai Anda.

Kabar baiknya adalah semakin banyak waktu yang Anda habiskan dengan kuda peliharaan, semakin baik Anda memahaminya serta makin membangun ikatan baik. 

Baca juga: Tak Hanya Corgi, Ratu Elizabeth II Juga Penggemar Kuda, Punya 100 Ekor 

Biarkan kuda datang kepada Anda

Ilustrasi kuda.SHUTTERSTOCK / Sari ONeal Ilustrasi kuda.
Ada penelitian menunjukkan memaksa kuda peliharaan berinteraksi dengan Anda bisa menjadi kontraproduktif dan dapat menyebabkan kebencian terbentuk.

Sebagai gantinya, penting membiarkan kuda menghangatkan Anda dengan kecepatan mereka sendiri. Kabar baiknya, hanya dalam waktu setengah jam, Anda akan mendapatkan persetujuan mereka. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com