Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Cerdas Anjing Labrador Retriever? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 02/11/2022, 19:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Petkeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Labrador retriever atau lebih dikenal Lab adalah salah satu ras anjing paling populer di seluruh dunia.

Labrador retriever adalah ras anjing pekerja dengan kepribadian ramah, sosial, menyenangkan, dan energik.  

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Labrador Retriever yang Lincah dan Serbaguna

Tak heran, kepribadian tersebut membuat Labrador retriever begitu dicintai dan ideal menjadi anjing peliharaan keluarga, terutama yang memiliki anak-anak.

Selain itu, menurut American Kennel Club (AKC), badan pengasuhan anjing asal Amerika Serikat, Labrador retriever adalah salah satu anjing paling cerdas dengan peringkat ke-7. 

Anjing Labrador retriever dianggap cerdas dalam hal kepatuhan, kecerdasan kerja, insting pengambilan mereka yang unggul, serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan situasi dengan mudah. 

Lantas, seberapa cerdas anjing Labrador retriever? Berikut penjelasan lengkapnya dikutip dari Petkeen, Rabu (2/11/2022). 

Baca juga: 6 Ras Anjing yang Mirip Labrador Retriever, Apa Saja?

Seberapa cerdas anjing Labrador retriever?

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Unsplash/brummywithatummy Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Menurut Stanley Coren, doctor of philosophy dari University of British Columbia, Kanada, dan penulis hampir setengah lusin buku tentang psikologi anjing, anjing memiliki tingkat kecerdasan yang kira-kira setara dengan manusia berusia dua atau 2,5 tahun.

Meski angka ini tidak khusus untuk anjing Labrador retriever, Coren adalah peneliti anjing terkenal. Anjing Labrador retriever umumnya mendapat skor lebih tinggi dari spektrum kecerdasan anjing.

Saudara sepupu dari anjing Golden retriever ini mampu melakukan banyak hal, termasuk dalam penelitian Coren. 

Coren menjelaskan, anjing Labrador retriever dapat belajar mengenali hingga 150 kata, menghitung hingga empat atau lima, tergantung pada masing-masing anjing, serta melakukan perhitungan matematika dasar seperti 1+ 1=2.

Bahkan anjing dapat mengidentifikasi perhitungan matematika yang salah dengan melihat seperti 1+1=1 atau 1+1=3. 

Baca juga: Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

Warna bulu mempengaruhi kecerdasan Labrador retriever? 

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Shutterstock/Rosa Jay Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Banyak orang secara keliru percaya bahwa warna bulu anjing Labrador retriever mempengaruhi kecerdasannya secara relatif. Namun, tidak ada bukti ilmiah bahwa ini benar.

Banyak yang menyatakan bahwa anjing Labrador retriver dengan bulu coklat lebih hiperaktif dan agresif daripada warna lain seperti hitam atau kuning, pernyataan ini tidak bertahan dalam pengujian empiris apa pun.

Dalam sebuah studi oleh Diane van Rooy dan Claire M. Wade, Labrador retriever coklat mendapat skor tidak lebih tinggi dari warna lain dalam hiperaktivitas atau agresi. 

Baca juga: 3 Jenis Anjing Golden Retriever Beserta Perbedaan dan Sejarahnya

Melainkan mendapat skor lebih rendah dalam hal kemampuan pelatihan. Ini menunjukkan bahwa anjing Labrador retriever lebih menantang dilatih daripada Labrador dengan warna lain. 

Studi ini mendasarkan kesimpulannya pada kombinasi warna bulu dan genotipe yang dapat diamati. Hal paling menarik, anjing Labrador retriever dengan genotipe dan warna bulu kuning sebenarnya memiliki tingkat "agresi anjing yang akrab" lebih tinggi daripada warna Labrador lainnya, bahkan secara signifikan.

Terlepas seberapa pintar, Labrador retriver telah terbukti sebagai anjing peliharaan keluarga yang penuh kasih, ramah, menyenangkan, dan mudah dilatih. 

Labrador retriever sangat cerdas menempatkan diri mereka ke dalam keluarga manusia dengan kepribadian yang menyenangkan dan pikiran cemerlang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com