Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2022, 10:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras anjing populer yang digemari oleh para pecintanya di seluruh dunia. Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever adalah dua ras anjing yang paling terkenal.

Dikutip dari laman American Kennel Club (AKC), Sabtu (13/8/2022), anjing Labrador Retriever yang aktif adalah ras anjing paling populer berdasarkan statistik AKC sejak tahun 1991. Adapun anjing Golden Retriever yang setia berada di peringkat empat pada 2020.

Meskipun tampak mirip, namun demikian kedua anjing ini memiliki persamaan dan perbedaan. Berikut persamaan dan perbedaan anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever.

Baca juga: Ketahui, Ini Ragam Tanda dan Penyebab Anjing Depresi

 

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Shutterstock/Rosa Jay Ilustrasi anjing Labrador Retriever.

1. Dapat dilatih dan ramah

Nancy Talbott, juri AKC dan mantan direktur pelatiyan dan mentor Golden Retriever Club of America menyatakan, kesamaan utama antara kedua ras anjing tersebut, selain struktur dan ukurannya, adalah bulunya yang mudah rontok.

“(Bulu) kedua ras ini rontok sepanjang tahun. Buku Labrador (Retriever) yang lebih pendek bukanlah bulu yang tidak rontok," kata Talbott.

Dia juga menjelaskan bahwa kedua ras anjing ini berbagi sejarah sebagai anjing pemburu, kemampuan dilatih, dan temperamen mereka yang ramah.

“Ciri dari kedua ras adalah sifat baik mereka dengan semua manusia, dari bayi di kereta dorong hingga manula dalam lingkungan perawatan jangka panjang, dan semua orang di antaranya," ujar Talbott.

Baca juga: 7 Ras Anjing Berwarna Hitam dan Coklat Tua, Ada Doberman dan Chihuahua

Kedua ras anjing ini juga rukun dalam kelompok anjing lain. Anjing Labrador Retriever atau Golden Retriever yang agresif jarang ditemukan dan tidak dapat diterima.

"Temperamen Labrador atau Golden (Retriever) yang tepat adalah toleran, penyayang, lembut, dan empati yang luar biasa," ungkap Talbott.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com