Kompas.com - 12/08/2022, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Depresi adalah kondisi atau sesuatu yang bisa dialami manusia. Namun, bagaimana dengan anjing peliharaan? Apakah anjing juga bisa mengalami depresi

Ternyata, sama dengan manusia, anjing juga bisa mengalami depresi, baik anjing peliharaan atau rumahan maupun anjing liar

Baca juga: Anjing Shih Tzu, dari Kepribadian, Perawatan, Kesehatan, sampai Diet

Namun, tanda-tanda anjing depresi sulit diketahui lantaran sahabat bulu tidak bisa berbicara untuk mengomunikasikan apa yang dirasakannya.

Sebetulnya, tanda anjing depresi sangat mirip dengan yang dialami manusia. Bahkan gejala itu tidak hanya satu, tapi banyak ditujukkan anjing. 

Nah, untuk membantu Anda mengetahuinya, berikut ini tanda anjing depresi dan penyebabnya dilansir dari Hepper, Jumat (12/8/2022).  

Baca juga: 7 Ras Anjing Berwarna Hitam dan Coklat Tua, Ada Doberman dan Chihuahua

Tanda anjing depresi dan masalah perilaku lainnya

  • Menjadi pendiam

Ilustrasi anjing depresi dan sedih.PIXABAY/pexels Ilustrasi anjing depresi dan sedih.
Anjing yang awalnya riang dan lincah bisa menjadi tampak lebih pendiam dari biasanya bila mengalami depresi. Selain itu, anjing peliharaan tidak memiliki antusiasme yang sama terhadap hal-hal yang dulu dinikmatinya. 

  • Perubahan nafsu makan

Bila anjing peliharaan yang awalnya nafsu makan, lalu tiba-tiba berhenti makan, ini bisa menjadi tanda anjing depresi. Selain itu, anjing bisa menjadi lebih pilih-pilih dan rewel dari biasanya. 

Baca juga: 9 Anjing yang Senang Menggonggong, Chihuahua hingga Alaskan Malamute

  • Perubahan tidur

Anjing peliharaan mungkin tidur lebih lama dari biasanya atau mengalami gangguan tidur dan tampak lebih gelisah dari biasanya.

  • Perubahan dalam olahraga

Selanjutnya, tanda anjing depresi adalah tidak mau diajak berolahraga, berjalan-jalan, atau kekurangan energi untuk bermain.

  • Agresi 

Dalam beberapa kasus, anjing deprsi juga bisa menunjukkan tanda agresi seperti menyerang dan marah. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Langka di Dunia yang Dapat Dipelihara, Apa Saja?

Halaman:
Sumber Hepper


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.