Kompas.com - 12/08/2022, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentuk sebuah ruangan di dalam rumah ternyata mempengaruhi kehidupan para penghuninya jika dilihat berdasarkan feng shui.

Konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan setiap bentuk ruangan dapat menciptakan atmosfer atau suasana yang berbeda-beda.

Baca juga: Feng Shui Ukuran Rumah dan Ruangan untuk Hidup yang Berkualitas

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, ia mengatakan kualitas sebuah ruangan berkaitan dengan ilmu feng shui Aliran Bentuk.

“Penjabaran feng shui melalui Aliran Bentuk lebih menitikberatkan pada dampak dari akibat yang timbul karena ditelitinya suatu obyek tata ruang,” terang Mas Dian dalam bukunya, Jumat (12/8/2022).

Karena itu, ada beberapa bentuk ruangan yang direkomendasikan dan harus dihindari dalam feng shu. Salah satu bentuk ruangan yang dianjurkan adalah persegi atau kotak.

Menurut Mas Dian, ruangan berbentuk kotak mencerminkan kualitas atmosfer yang stabil dan seimbang. “Desain ruang seperti ini paling tepat untuk kamar tidur, ruang kantor, atau ruang penting lainnya yang sering dihuni untuk waktu lama,” tuturnya.

Lantas, bagaimana dengan bentuk ruangan yang sebaiknya dihindari berdasarkan feng shui? 

Baca juga: 5 Tanaman yang Membawa Energi Buruk di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

Segitiga

Ilustrasi loteng rumah. Shutterstock/KUPRYNENKO ANDRII Ilustrasi loteng rumah.
Dalam bukunya, Mas Dian memaparkan ruangan berbentuk segitiga adalah ruangan terburuk menurut feng shui. 

“Orang yang terlalu lama tinggal di ruang tersebut biasanya akan kehilangan keseimbangan dan kesehatan. Selain itu, mental dan emosinya bisa rusak,” ucapnya.

Walhasil, ruangan berbentuk segitiga sangat tidak direkomendasikan sebagai ruang hunian, kecuali untuk area gudang atau menjemur pakaian atau kamar mandi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.