Kompas.com - 12/08/2022, 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan kecoak yang berkeliaran di dapur menjadi hal yang menjijikan dan sangat mengganggu, terlebih bila kecoak beterbangan. 

Tak hanya itu, kecoak juga berbahaya bagi kesehatan serta menyebabkan beberapa penyakit dan keracunan makanan. 

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini 5 Mitos Membasmi Kecoak dengan Bahan Dapur

Karena itu, penting membersihkan dapur dan menggunakan bahan pembersih kecoak. Untungnya, bahan pembersih itu bisa dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Dilansir dari Times of India, Jumat (12/8/2022), berikut beberapa cara mengusir kecoak di dapur dengan bahan-bahan alami.  

Air panas dan cuka

Ilustrasi cukaFREEPIK.COM Ilustrasi cuka
Ini adalah cara sederhana. Ambil air panas, campurkan satu porsi cuka putih, dan aduk rata. Setelah itu, gunakan untuk membersihkan meja dan area di sekitar bagian atas kompor. 

Selanjutnya, tuangkan larutan ini ke saluran pembuangan dapur pada malam hari untuk mendisinfeksi pipa dan saluran air sehingga mencegah kecoak muncul di dapur. 

Baca juga: Hati-hati, Ini Alasan Kecoak Senang Masuk ke Rumah 

Air panas, lemon, dan baking soda 

Selanjutnya, cara mengusir kecoak di dapur adalah mencampurkan satu buah perasan lemon dan dua sendok makan baking soda ke dalam satu liter air panas.

Kemudian, aduk rata dan tuangkan ke saluran pembuangan atau bersihkan area di bawah wastafel untuk menghentikan kecoak berkembang biak di dapur. 

Asam borat dan gula

Campuran ini bekerja sangat baik untuk mengusir kecoak di dapur. Caranya, cukup campurkan asam borat dan gula, lalu sebarkan ke tempat-tempat di mana Anda menemukan kecoak berkembang biak.

Gula dapat memikat serangga, asam borat membunuhnya segera. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Kecoak dari Rumah 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.