Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bentuk Ruangan di Rumah yang Perlu Dihindari Berdasarkan Feng Shui

Konsultan sekaligus penulis buku feng shui di Indonesia, Mas Dian, mengungkapkan setiap bentuk ruangan dapat menciptakan atmosfer atau suasana yang berbeda-beda.

Dikutip dari buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal (2014), karya Mas Dian dan Ivon Xue yang diterbitkan Elex Media Komputindo, ia mengatakan kualitas sebuah ruangan berkaitan dengan ilmu feng shui Aliran Bentuk.

“Penjabaran feng shui melalui Aliran Bentuk lebih menitikberatkan pada dampak dari akibat yang timbul karena ditelitinya suatu obyek tata ruang,” terang Mas Dian dalam bukunya, Jumat (12/8/2022).

Karena itu, ada beberapa bentuk ruangan yang direkomendasikan dan harus dihindari dalam feng shu. Salah satu bentuk ruangan yang dianjurkan adalah persegi atau kotak.

Menurut Mas Dian, ruangan berbentuk kotak mencerminkan kualitas atmosfer yang stabil dan seimbang. “Desain ruang seperti ini paling tepat untuk kamar tidur, ruang kantor, atau ruang penting lainnya yang sering dihuni untuk waktu lama,” tuturnya.

Lantas, bagaimana dengan bentuk ruangan yang sebaiknya dihindari berdasarkan feng shui? 

“Orang yang terlalu lama tinggal di ruang tersebut biasanya akan kehilangan keseimbangan dan kesehatan. Selain itu, mental dan emosinya bisa rusak,” ucapnya.

Walhasil, ruangan berbentuk segitiga sangat tidak direkomendasikan sebagai ruang hunian, kecuali untuk area gudang atau menjemur pakaian atau kamar mandi.

Hindari membangun kamar tidur berbentuk segitiga. Dalam ilmu feng shui, mereka dipercaya dapat mendatangkan sakit berat pada penghuninya.

Mas Dian mengungkapkan, bentuk ini memiliki kualitas atmosfer yang tidak baik lantaran sudut yang hilang merusak nilai keseimbangan feng shui.

“Bentuk ruang seperti ini tidak direkomendasikan sebagai kamar tidur atau ruang kantor karena dapat mendatangkan penyakit, tetapi masih bisa digunakan untuk kamar mandi, gudang, ruang tamu, dan ruang sekunder lainnya,” tuturnya.

Segi enam

Menurut Mas Dian, ruangan berbentuk segi enam dinilai tidak menguntungkan dalam feng shui karena ada enam bagian ujung yang terpotong dari delapan posisi mata angin. Ini membentuk ketajaman yang merugikan.

Mas Dian menjelaskan, bentuk ini dinilai memiliki suasana yang tidak stabil serta mendatangkan ketidaktenangan dan beragam penyakit bagi penghuninya. Bahkan, kualitas buruknya mirip dengan ruangan berbentuk segitiga. 

Setengah lingkaran

Bentuk ruangan lainnya yang tidak direkomendasikan feng shui adalah setengah lingkaran. Kualitasnya tidak baik lantaran bentuknya merupakan potongan dari lingkaran utuh.

Mas Dian menjelaskan, kualitas atmosfer dalam ruangan berbentuk lingkaran tidak utuh ini memberi dampak negatif pada kesehatan penghuninya. 

“Membuat keseimbangan mudah hilang, pikiran mudah kacau, dan tidak memberikan rasa damai,” ujarnya.

Bentuk ini tidak cocok untuk kamar tidur dan kantor, tetapi boleh untuk home theatre, ruang olahraga, atau ruang santai lainnya.

Jika terpaksa menggunakan ruangan berbentuk trapesium, hadirkan sekat. Jadi, salah satu area membentuk persegi. Gunakan ruangan kotak tersebut sebagai kamar tidur atau kantor.

Biarkan area dengan sisi kemiringan yang sangat tajam dikosongkan. Bentuk ini identik dengan ruangan berbentuk segitiga dan dapat membuat penghuni menderita sakit berat.

Sebagai informasi buku Feng Shui dan Interior Rumah Tinggal karya Mas Dian dan Ivon Xue bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/12/162500576/5-bentuk-ruangan-di-rumah-yang-perlu-dihindari-berdasarkan-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke