Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 14:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Tinggal menghitung hari, sudah saatnya mempersiapkan bendera merah putih untuk dikibarkan di halaman rumah.

Jika bendera merah putih Anda tampak kusam dan kotor, maka sebaiknya Anda mencucinya sebelum dikibarkan. Namun, karena bendera terdiri dari dua warna yang berbeda, bagaimana cara mencuci bendera merah putih agar tidak luntur?

Dikutip dari The Spruce, Jumat (12/8/2022), menjaga bendera adalah tanda penghormatan. Jika bendera Anda terlihat kusam atau kotor, mencucinya cukup tepat.

Baca juga: Gunakan Soda Kue untuk Mencuci Pakaian, Ini Manfaatnya

Ilustrasi bendera merah putih. Ada beberapa aturan pasang bendera merah putih saat 17 Agustus yang perlu diketahui.UNSPLASH/FAHMI ANWAR Ilustrasi bendera merah putih. Ada beberapa aturan pasang bendera merah putih saat 17 Agustus yang perlu diketahui.

Mencuci bendera merah putih secara teratur dapat memperpanjang umurnya. Sebagian besar bendera luar ruangan sekarang terbuat dari poliester atau nilon, namun ada juga yang berbahan katun maupun satin.

Cara mencuci bendera multiwarna yang paling aman adalah dengan mencuci menggunakan tangan dengan air dingin dengan deterjen ringan. Jika Anda tidak yakin apakah kainnya tahan warna, ujilah terlebih dahulu.

Basahi kapas dengan air biasa dan gosok ujungnya pada setiap warna yang diwakili. Jika ada pewarna yang berpindah ke kapas, warnanya mungkin akan luntur saat bendera dicuci.

Jika bendera sudah telanjur luntur, Anda akan lebih baik membeli bendera pengganti yang baru.

Baca juga: Simak, Tanda Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Jika warnanya tidak luntur, Anda juga bisa mencuci bendera di mesin cuci. Atur siklus ke pencucian lembut dan selalu gunakan air dingin untuk mencuci dan membilas untuk membantu mencegah kerutan yang berlebihan dan mengurangi luntur.

Jangan menaruh bendera di pengering pakaian panas. Sebagai gantinya, gantung di jemuran atau rak pengering dan biarkan hingga mengering.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com