Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Soda Kue untuk Mencuci Pakaian, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 10/08/2022, 20:00 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Soda kue atau biasa disebut baking soda adalah bahan yang biasa digunakan sebagai pengembang pada adonan kue maupun roti.

Namun, kegunaan dari soda kue tidak hanya itu saja, yang mana senyawa ini juga efektif untuk dijadikan sebagai bahan pembersih serbaguna, termasuk untuk mencuci pakaian.

Jadi, ketika kamu mencuci pakaian, taburkan bubuk soda kue untuk memberikan hasil cucian yang lebih baik.

Baca juga: 7 Mitos Mencuci Pakaian yang Tidak Perlu Dipercaya, Apa Saja?

Dilansir dari Laundry Heap, Rabu (10/8/2022), berikut ini lima manfaat menambahkan soda kue dalam kegiatan mencuci pakaian.

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.
Mencerahkan pakaian

Soda kue mengandung sifat antiseptik yang membantu menghilangkan kotoran yang tertinggal pada pakaian dari waktu ke waktu.

Dengan menambahkan setengah cangkir soda kue ke cucianmu (dengan deterjen), pakaianmu akan menjadi lebih cerah.

Penguat detergen

Saat kamu menambahkan soda kue ke cucianmu, ini membantu meningkatkan kinerja detergen atau deterjen serta melembutkan air keras yang menciptakan rasa dingin.

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci, Apa Saja?

Hal itu akan menghasilkan pakaian yang lebih segar dan lembut. Penggunaan soda kue saat mencuci pakaian juga dapat membuatmu menggunakan lebih sedikit detergen.

Ilustrasi mencuci pakaian, pakaian bau setelah dicuci.FREEPIK/USER18526052 Ilustrasi mencuci pakaian, pakaian bau setelah dicuci.
Menghilangkan bau

Soda kue bekerja dengan baik dalam menetralkan bau, bahkan di udara. Jadi, bahan ini akan menghasilkan keajaiban dalam proses pencucian.

Jika memiliki pakaian yang benar-benar bau, kamu bisa merendamnya ke larutan soda kue (satu sampai dua cangkir soda kue yang dicampur dengan air hangat) semalaman sebelum dicuci seperti biasa.

Pelembut kain alami

Jika kamu menginginkan pakaian yang lebih lembut tanpa menggunakan pelembut kain, soda kue adalah alternatif yang bagus.

Baca juga: Tips Aman Mencuci Pakaian Putih dengan Kain Berwarna

Sebab, soda kue membantu mengatur keseimbangan pH air, juga menangguhkan detergen dan residu mineral yang menyebabkan pakaianmu terasa kasar.

Soda kue juga bagus untuk orang dengan kulit sensitif karena merupakan mineral alami. Cukup tambahkan setengah cangkir soda kue pada bilasan terakhir.

Menghilangkan noda

Soda kue adalah penghilang noda alami dan sangat bagus untuk menghilangkan noda keras seperti minyak, lemak, dan makanan.

Yang perlu kamu lakukan adalah membuat pasta soda kue dengan air, oleskan pada area noda dengan menggosoknya secara ringan dan diamkan.

Baca juga: Keuntungan dan Cara Pakai Deterjen Konsentrat untuk Mencuci Pakaian

Bergantung pada seberapa keras nodanya, kamu dapat membiarkan pasta soda bertahan hingga 15 menit atau membiarkannya semalaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com