Kompas.com - 10/08/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Soda kue atau biasa disebut baking soda adalah bahan yang biasa digunakan sebagai pengembang pada adonan kue maupun roti.

Namun, kegunaan dari soda kue tidak hanya itu saja, yang mana senyawa ini juga efektif untuk dijadikan sebagai bahan pembersih serbaguna, termasuk untuk mencuci pakaian.

Jadi, ketika kamu mencuci pakaian, taburkan bubuk soda kue untuk memberikan hasil cucian yang lebih baik.

Baca juga: 7 Mitos Mencuci Pakaian yang Tidak Perlu Dipercaya, Apa Saja?

Dilansir dari Laundry Heap, Rabu (10/8/2022), berikut ini lima manfaat menambahkan soda kue dalam kegiatan mencuci pakaian.

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.
Mencerahkan pakaian

Soda kue mengandung sifat antiseptik yang membantu menghilangkan kotoran yang tertinggal pada pakaian dari waktu ke waktu.

Dengan menambahkan setengah cangkir soda kue ke cucianmu (dengan deterjen), pakaianmu akan menjadi lebih cerah.

Penguat detergen

Saat kamu menambahkan soda kue ke cucianmu, ini membantu meningkatkan kinerja detergen atau deterjen serta melembutkan air keras yang menciptakan rasa dingin.

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci, Apa Saja?

Hal itu akan menghasilkan pakaian yang lebih segar dan lembut. Penggunaan soda kue saat mencuci pakaian juga dapat membuatmu menggunakan lebih sedikit detergen.

Ilustrasi mencuci pakaian, pakaian bau setelah dicuci.FREEPIK/USER18526052 Ilustrasi mencuci pakaian, pakaian bau setelah dicuci.
Menghilangkan bau

Soda kue bekerja dengan baik dalam menetralkan bau, bahkan di udara. Jadi, bahan ini akan menghasilkan keajaiban dalam proses pencucian.

Jika memiliki pakaian yang benar-benar bau, kamu bisa merendamnya ke larutan soda kue (satu sampai dua cangkir soda kue yang dicampur dengan air hangat) semalaman sebelum dicuci seperti biasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.