Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2022, 19:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah minimalis terkenal dengan kesederhanaannya. Meski demikian, boleh memasukan tanaman hias ke rumah

Tanaman hias dapat menambah elemen arsitektur, kehangatan, membuat rumah minimalis  tidak terlihat terlalu kosong atau dingin. 

Baca juga: 6 Pilihan Warna Cat Interior Rumah Minimalis

Selain itu, memiliki banyak tanaman di rumah dapat membantu memurnikan udara dalam ruangan dari bahan kimia beracun.

Dilansir dari Hunker, Rabu (10/8/2022), berikut beberapa tanaman hias yang cocok untuk rumah minimalis. 

Money plant

Ilustrasi tanaman hias Chinese Money Plant (Pilea peperomioides). Menurut feng shui, ini adalah salah satu tanaman pembawa keberuntungan.PEXELS/TIIA PAKK Ilustrasi tanaman hias Chinese Money Plant (Pilea peperomioides). Menurut feng shui, ini adalah salah satu tanaman pembawa keberuntungan.
Dikenal sebagai tanaman uang Cina, money plant atau Pilea peperomioides adalah tanaman yang populer di rumah-rumah Skandinavia dan minimalis karena daunnya berwarna hijau terang. 

Tanaman ini membutuhkan cahaya terang, tetapi bukan sinar matahari langsung dan pastikan memutarnya seminggu sekali agar mendapatkan sinar matahari dan udara segar. 

Baca juga: Area Terbaik Meletakkan Lidah Mertua di Rumah Menurut Feng Shui

The fiddle-leaf fig

The fiddle-leaf fig (Ficus lyrata) adalah salah satu tanaman yang sulit dirawat, tapi merupakan tanaman populer yang digunakan di rumah minimalis.

Tanaman ini terlihat cantik dengan latar belakang dinding putih dan lantai kayu di dalam ruangan. Tanaman ini membutuhkan cahaya terang tidak langsung yang konsisten. 

Pothos

Pothos menjad tanaman hias yang cocok untuk rumah minimalis. Tanaman merambat ini bagus diletakkan di rak buku atau bisa menggantungnya di kamar mandi.

Pohtos merupakan tanaman yang dapat mentoleransi semua pencahayaan, dari terang, tidak langsung, hingga cahaya yang sedikit.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias Ini Bisa Bantu Atasi Insomnia dan Gangguan Tidur

ZZ plant

Ilustrasi ZZ plant atau pohon dolarUnsplash/Kadarius Seegars Ilustrasi ZZ plant atau pohon dolar
ZZ plant atau Zamioculcas zamiifolia memiliki cabang hijau tua dan daun halus seperti lilin yang memantulkan sinar matahari untuk mencerahkan ruangan. 

Tempatkan ZZ plant dalam cahaya tidak langsung, rendah, hingga terang dan cukup sirami saat benar-benar kering. Bahkan jika melewatkan beberapa penyiraman, tanaman hias ini masih dapat bertahan hidup. 

Strelitzia reginae

Tanaman ini umumnya dikenal sebagai bunga bangau atau burung cendrawasih. Strelitzia reginae adalah tanaman hias yang cocok untuk rumah minimalis. 

Tanaman ini bisa menghadirkan nuansa tropis, bisa tumbuh setinggi sekitar 1,8 meter, dan daunnya secara alami terbelah saat bertambah besar.

Meski membutuhkan cahaya terang dan tumbuh subur di lingkungan yang lebih lembap, tanaman strelitzia reginae cocok untuk diletakkan dalam ruangan yang dipenuhi sinar matahari. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com