Kompas.com - 12/08/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya warna cat dan dekorasi, pencahayaan di kamar tidur ternyata dapat berpengaruh dalam mencapai tidur yang nyenyak.

Selain, warna lampu yang digunakan turut mempengaruhi kualitas tidur. Bahkan para ahli memperingatkan bahwa warna lampu LED yang pilih dapat membahayakan kualitas tidur. 

Baca juga: 4 Jenis Lampu dan Cara Menghemat Penggunaan Energinya

Lantas, warna lampu LED apa yang terbaik di kamar tidur?

Para ahli cahaya dan kesehatan setuju bahwa merah atau oranye adalah warna lampu terbaik untuk tidur.

"Beralih ke cahaya warna merah alami di kamar tidur dapat membantu tubuh Anda memasuki siklus tidurnya secara lebih alami karena menghasilkan panjang gelombang, mirip dengan matahari terbenam," kata Matthew Shaw, Kepala Penjualan di Ultra LEDs dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (12/8/2022).  

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Pencahayaan di Kamar Tidur

Warna lampu ini memaksa tubuh melepaskan lebih banyak melatonin, hormon yang membantu tidur dan membuat Anda merasa mengantuk. 

Eric Rodriguez, CEO Penelitian Tubuh Bagian Dalam, setujuh bahwa warna lampu merah atau oranye tak hanya dapat menyebabkan tidur nyenyak pada malam hari, tetapi manfaatnya berlanjut lama setelah Anda bangun. 

"Selain meningkatkan kualitas tidur, penelitian menunjukkan lampu merah meningkatkan daya tahan terhadap aktivitas fisik oleh atlet yang datang keesokan harinya," jelasnya. 

Baca juga: Mengapa Penggunaan Lampu LED Lebih Hemat Energi? Ini Penjelasannya 

Warna lampu yang harus dihindari

Ilustrasi kamar tidur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi kamar tidur.
Selain warna yang disarankan para ahli juga menyarankan menghindari warna lampu tertentu.

"Cahaya biru harus dibatasi pada malam hari karena sebenarnya menekan produksi melatonin dan mengganggu ritme sirkadian alami (diperlukan untuk tidur malam yang nyenyak)" kata Pamela Miller, peninjau medis di All About Vision.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.