Kompas.com - 12/08/2022, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Shih tzu diklasifikasikan dalam kelompok anjing mainan di sebagian besar negara dengan tampilan yang imut, lucu, dan khas.

Shih tzu memiliki tinggi 20-27 sentimeter dan berat badan empat hingga tujuh kilogram. Seperti kebanyakan ras anjing mainan, Shih tzu cepat matang dan mencapai ukuran dewasa sekitar 10 bulan. 

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Shih Tzu, dari Ras Tertua sampai Hampir Punah

Anjing Shih tzu mempunyai wajah yang lucu dengan kepala berukuran besar dan bulat, moncong cukup pendek, serta mata hitam besar. 

Penampilan khas dari Shih Tzu lainnya adalah memiliki bulu yang lurus, lebat, dan sangat panjang hingga mencapai lantai serta menutupi wajahnya bila tidak memangkasnya secara rutin. Bahkan, saking panjang bulunya, Shih tzu kerap disebut mirip dengan singa. 

Lantaran kekhasan dan keunikan tersebut, tak heran, Shih Tzu menjadi salah satu ras anjing yang disukai dan banyak dipelihara sejak ribuan tahun silam. 

Bila tertarik memelihara anjing Shih tzu, berikut sejumlah yang perlu diketahui, dari kepribadian, perawatan, kesehatan hingga, diet Shih tzu dikutip dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022). 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Tentang Anjing Shih Tzu yang Perlu Diketahui

Kepribadian anjing Shih tzu 

Ilustrasi anjing Shih tzu.PIXABAY/rachhoxmeier Ilustrasi anjing Shih tzu.

Shih Tzu disebut sebagai ras anjing kuno yang berasal dari Tibet dan disebut telah ada sejak 624 Masehi.

Sama dengan Golden retriever, dilansir dari Hill's Pet, Shih tzu adalah anjing yang riang dan menyenangkan. Ketika berjalan, ekor dibawa dengan riang meringkuk di belakang. Gaya berjalan Shih tzu sangat cepat dan panjang untuk ukuran ras anjing sekecil itu.  

Shih tzu juga dikenal anjing yang ramah, lincah, serta mudah akrab dan beradaptasi, baik dengan orang-orang dari segala usia maupun anjing dan hewan peliharaan lain.   

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Doberman, Si Penjaga Terbaik yang Cerdas dan Setia 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.