Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak ras anjing populer yang digemari oleh para pecintanya di seluruh dunia. Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever adalah dua ras anjing yang paling terkenal.

Dikutip dari laman American Kennel Club (AKC), Sabtu (13/8/2022), anjing Labrador Retriever yang aktif adalah ras anjing paling populer berdasarkan statistik AKC sejak tahun 1991. Adapun anjing Golden Retriever yang setia berada di peringkat empat pada 2020.

Meskipun tampak mirip, namun demikian kedua anjing ini memiliki persamaan dan perbedaan. Berikut persamaan dan perbedaan anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever.

1. Dapat dilatih dan ramah

Nancy Talbott, juri AKC dan mantan direktur pelatiyan dan mentor Golden Retriever Club of America menyatakan, kesamaan utama antara kedua ras anjing tersebut, selain struktur dan ukurannya, adalah bulunya yang mudah rontok.

“(Bulu) kedua ras ini rontok sepanjang tahun. Buku Labrador (Retriever) yang lebih pendek bukanlah bulu yang tidak rontok," kata Talbott.

Dia juga menjelaskan bahwa kedua ras anjing ini berbagi sejarah sebagai anjing pemburu, kemampuan dilatih, dan temperamen mereka yang ramah.

“Ciri dari kedua ras adalah sifat baik mereka dengan semua manusia, dari bayi di kereta dorong hingga manula dalam lingkungan perawatan jangka panjang, dan semua orang di antaranya," ujar Talbott.

Kedua ras anjing ini juga rukun dalam kelompok anjing lain. Anjing Labrador Retriever atau Golden Retriever yang agresif jarang ditemukan dan tidak dapat diterima.

"Temperamen Labrador atau Golden (Retriever) yang tepat adalah toleran, penyayang, lembut, dan empati yang luar biasa," ungkap Talbott.

Fran Smith, wakil presiden dan ketua kesehatan Labrador Retriever Club pun menyatakan bahwa kedua ras anjing ramah dan sangat terlatih. Namun demikian, kedua ras ini banyak rontok bulunya.

2. Warna bulu dan penampilan tubuh

Ada perbedaan fisik antara kedua ras anjing ini. Beberapa terlihat jelas sementara yang lain harus dilihat lebih jeli.

Pertama, Labrador Retriever cenderung lebih berat dalam penampilan karena tulang yang lebih padat, dada yang lebih dalam, dan tulang rusuk yang lebih bulat. Kedua, ada perbedaan halus dalam bentuk kepala.

Selain itu, bulu bervariasi karena melayani tujuan yang berbeda. Talbott menjelaskan, Golden Retriever dikembangkan terutama sebagai anjing pemburu dataran tinggi, jadi membutuhkan bulu yang kuat dan bulu-bulu sedang di atas lapisan bawah padat yang melindungi tubuh dari semak berduri dan bahaya lainnya, serta cuaca yang keras.

"Labrador dikembangkan terutama sebagai anjing air, dan bulu mereka melindungi mereka dari air dingin dan es dengan lapisan bawah yang padat dan lapisan luar yang sedikit berminyak dan pendek," papar Talbott

Smith menunjukkan ada perbedaan warna bulu juga. Menurut dia, Labrador Retriever dapat hadir dalam tiga warna, kuning, hitam, dan cokelat.

Adapun bulu anjing Golden Retriever bervariasi dari krem sangat pucat hingga hampir merah rubah.

3. Kepribadian dan dukungan emosional

Kepribadian kedua ras anjing ini memiliki beberapa perbedaan halus juga. Smith menemukan Golden Retriever lebih "lengket" dengan pemiliknya dibandingkan dengan Labrador Retriever.

Dalam hal pelatihan anjing, Smith menjelaskan bahwa Golden Retriever menyukai pengulangan, sedangkan Labrador Retriever tidak.

"Saya dapat memberi tahu Anda bahwa lebih mudah bagi publik untuk berurusan dengan Golden Retriever yang tidak terlatih daripada Labrador Retriever yang tidak terlatih," ungkap Smith.

Adapun menurut Talbott, kedua ras anjing ini memiliki perbedaan sensitivitas juga. Dia menyebut Labrador Retriever yang tangguh, percaya diri, dan ceria melihat kesenangan dalam setiap situasi dan tidak pernah tumbuh dewasa.

Di sisi lain, sementara Golden Retriever juga menyukai kesenangan, mereka mempertimbangkan semua sudut sebelum memasuki situasi baru dengan penuh semangat.

Dia mengatakan bahwa pelatih lapangan telah memberi tahu dia bahwa Golden Retriever terlalu banyak berpikir, mencari cara mereka sendiri dalam melakukan suatu tugas, namun tidak dengan Labrador Retriever.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/13/100200576/anjing-golden-retriever-dan-labrador-retriever-apa-bedanya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke