Kompas.com - 13/08/2022, 09:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau tidak sedap di rumah tentu saja menciptakan ketidaknyamanan. Ada banyak penyebab bau tidak sedap di rumah, mulai dari makanan yang busuk hingga sisa noda atau kotoran.

Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli produk penghilang bau yang dijual di pasaran. Ada banyak bahan alami di rumah yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (13/8/2022), berikut beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan bau di rumah.

Baca juga: Penyebab Pakaian Bau Apek dan Cara Menghilangkannya

Ilustrasi ampas kopiShutterstock/Nor Gal Ilustrasi ampas kopi

1. Ampas kopi

Singkirkan bau makanan busuk di kulkas atau freezer dengan ampas kopi atau bubuk kopi. Isi beberapa mangkuk dengan bubuk kopi bekas atau segar dan masukkan ke dalam freezer atau kulkas semalaman.

Untuk aroma kopi beraroma, tambahkan beberapa tetes vanila ke ampas kopi.

2. Bola kapas

Basahi bola kapas dengan salah satu wewangian favorit Anda. Gunakan bahan-bahan seperti parfum favorit Anda, minyak esensial seperti lavender, jus lemon, atau ekstrak vanila.

Coba letakkan satu di vacuum cleaner agar aromanya terekspresikan ke seluruh ruangan saat Anda membersihkan debu. Anda juga dapat meletakkan bola kapas basah di rak kulkas untuk bertindak sebagai pewangi. 

Baca juga: Tanaman Penghilang Bau di Dalam dan Luar Ruangan, Apa Saja?

3. Lemon

Lemon dapat digunakan di seluruh rumah untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap. Jika bau tempat sampah semakin menyengat, masukkan kulit lemon untuk menghilangkan baunya.

Jika Anda ingin seluruh dapur memiliki aroma lemon dan bukan hanya bak cuci piring, potong lemon menjadi dua dan letakkan potongan menghadap ke atas dalam semangkuk air dan biarkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.