Kompas.com - 14/08/2022, 07:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Golden retriever adalah ras anjing sedang yang dikenal aktif, menyenangkan, cerdas, penyayang, setia, dan memiliki bulu yang tebal berwarna emas sesuai dengan namanya.

Retriever juga mudah akrab dengan siapa pun, baik orang dewasa maupun anak-anak, mudah dilatih, dan memiliki tingkat energi sangat tinggi sehingga membutuhkan aktivitas serta latihan setiap hari. 

Baca juga: 6 Jenis Anjing Retriever, Tidak Hanya Golden Retriever

Anjing Golden retriever senang menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan. Kegiatan favorit anjing asal Skontlandia ini adalah berenang, lempar tangkap sesuatu, serta berburu. 

Karena itu, bila ingin memelihara anjing Golden retriever, pastikan rumah memiliki ruang luar atau halaman yang luas. 

Dalam artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa anjing Golden retriever memiliki warna bulu yang beragam, dari cream, coklat tua, hingga merah.

Selain warna bulu, anjing Golden retriever memiliki jenis dan berasal dari wilayah yang berbeda. Setidaknya, ada tiga jenis anjing Golden retriever dengan perbedaan masing-masing dilansir dari Loyal Goldens, Minggu (14/8/2022), berikut ini.  

Baca juga: Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

American Golden retriever

Ilustrasi anjing Golden retriever.Shutterstock/Burin P Ilustrasi anjing Golden retriever.
American Golden retriever adalah salah satu pilihan paling populer untuk anjing peliharaan keluarga. American Golden retriever ini memiliki beberapa perbedaan kecil dengan jenis anjing Golden retriever lainnya.

Pertama, American retriever memiliki ukuran lebih kecil dan tubuh lebih kurus dengan penumpukan otot yang kurang menonjol.

Selain itu, American retriever memiliki gaya berjalan yang berbeda, dengan gerakan bebas, halus, dan terkoordinasi dengan baik.

Ditambah, jenis Golden ini memiliki bentuk mata yang berbeda, yakni segitiga atau sipit. Dalam hal warna, American retriever umumnya memiliki warna bulu lebih gelap. Bahkan warna emas muda khas Golden retriever menjadi nada lebih gelap daripada lainnya.  

Baca juga: 5 Warna Bulu Golden Retriever, dari Cream hingga Merah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.