Kompas.com - 13/08/2022, 16:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing retriever adalah salah satu ras anjing populer di dunia. Anjing ini awalnya dibiakkan untuk membantu pemburu, ditugaskan untuk menemukan burung atau hewan buruan lainnya dan membawanya kembali tanpa kerusakan.

Dikutip dari laman American Kennel Club (AKC), Sabtu (13/8/2022), untuk pekerjaan semacam ini, anjing membutuhkan mulut yang “lembut”, di mana ia akan dengan hati-hati membawa mangsanya tanpa merusaknya.

Juga diperlukan kekuatan dan kelincahan untuk melintasi bentang alam yang terjal atau bekerja di air, serta kecerdasan dan kemauan yang besar untuk menyenangkan dan patuh.

Baca juga: Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

 

Ilustrasi ras anjing Curly-Coated Retriever. SHUTTERSTOCK/NIK174 Ilustrasi ras anjing Curly-Coated Retriever.

Dengan perkembangan anjing retriever selama bertahun-tahun, semua kualitas ini digabungkan untuk membuat beberapa ras anjing yang luar biasa, di antaranya menjadi yang paling populer di dunia saat ini.

Menurut AKC, ras anjing Retriever sangat cerdas, mau belajar, atletis, dan cukup temperamental.

Karena ras anjing ini dikembangkan karena kemampuan luar biasa dalam bekerja sama dengan manusia, tidak heran anjing ini sangat luar biasa dalam menerima apa pun yang Anda minta dari mereka, termasuk hanya menjadi teman yang menyenangkan.

AKC menyatakan ada beberapa jenis anjing Retriever yang ada saat ini, meskipun yang paling terkenal adalah Golden Retriever. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Warna Bulu Golden Retriever, dari Cream hingga Merah

1. Chesapeake Bay Retriever

Chesapeake Bay Retriever diturunkan dari dua anjing yang diselamatkan dari penjara Inggris yang hancur di lepas pantai Maryland, AS pada tahun 1807.

Bersama dengan kru dan kargo, dua anak anjing St. John's Newfoundland diselamatkan, yakni anjing merah suram bernama Sailor, dan anjing hitam bernama Kanton.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.